Lihat ke Halaman Asli

3 Cara Murah Promosikan Usaha Anda

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selamat akhirnya Anda telah memiliki bisnis yang diidam-idamkan selama ini, namun sebagaimana usaha baru lainnya, tantangan pertama yang harus dilewati diantaranya adalah memperkenalkan produk atau usaha Anda kepada target market Anda.  Semakin banyak masyarakat yang mengenal usaha atau produk yang anda tawarkan maka tingkat kesuksesan usaha anda semakin besar.

Namun untuk mempromosikan usaha diawal biasanya banya pengusaha pemula yang terjebak agar usahanya cepat dikenal sehingga, membutuhkan dana dan kreatifitas tinggi, karena ingin tampil berbeda, atau bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin mempromosikan usahanya secara murah namun membawa impact yang cukup bernilai.

1. Promosi Mulut ke Mulut

Metode promosi seperti ini paling murah dan paling powerfull untuk memperkenalkan usaha atau produk Anda. Caranya cukup mudah, cukup berikan contoh produk atau jasa kepada orang-orang disekitar Anda.  Teman dekat, kerabat, tetangga dan lain sebagainya. Untuk memperkuatnya bisa disertakan brosur sebagai alat bantu komunikasi.

2. Manfaatkan teknologi

Saat ini hampir semua orang terhubung melalui perangkat elektronik via internet dan lain sebagainya, kenalkan produk Anda melalui SMS, email atau Blackberry Mesenger kepada orang yang Anda curigai sebagai target market (INGAT! mengirim SMS, email, atau BBM kepada orang yang tidak Anda kenal, karena bisa dianggap SPAM dan menjatuhkan brand Anda). Sertakan gambar dan penawaran-penawaran menarik bagi mereka yang mau bertindak dalam waktu dekat.

3. Mengikuti Pameran

Untuk ikut pameran biasanya harga booth cukup mahal, namun Anda bisa mendapatkan booth gratis jika Anda memiliki produk yang unik dan menarik (caranya hubungi komunitas bisnis, atau dinas perdagangan setempat, biasanya mereka memiliki jatah booth untuk ukm yang diberikan secara percuma alias GRATIS).  Jika tidak dapat sedikit merogoh kocek juga tidak apa-apa, karena pameran adalah salah satu cara efektif untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat, terutama pada pameran-pameran yang spesifik.  Untuk memudahkan komunikasi siapkan brosur yang komunikatif dan menarik.

Demikian 3 Cara Murah promosikan usaha Anda, semoga bermanfaat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline