Lihat ke Halaman Asli

5 Tips Promosi Efektif dengan Brosur

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Brosur merupakah salah satu alat promosi yang paling mudah ditemui, namun tahukah Anda apabila brosur tidak di maksimalkan brosur hanya akan berakhir sebagai bungkus makanan atau yang paling parah berakhir di tempat sampah! Berikut ini adalah tips dari Brosur Kilat untuk memaksimalkan promosi melalui brosur.

1. Brosur harus menarik!
Poin ini penting karena waktu yang digunakan untuk membaca brosur sangatlah singkat sehingga pilihan warna yang menarik, tata letak dan yang paling penting adalah penawaran disertai dengan keuntungan bagi orang yang mengambil tindakan lebih cepat.

2. Tetapkan target market Anda.
Meskipun biaya cetak brosur tergolong murah jika dibandingkan media promosi lainnya, namun jika tidak tepat pada sasaran akan sama halnya dengan membuang uang secara percuma. Sebelum Anda memberikan brosur kepada target market, pastikan bahwa telah memberikan informasi kepada target market Anda. Kenali mereka, sehingga kita bisa menyusun bahasa, tata letak sesuai dengan kemampuan komunikasi mereka.

3. Sebar ke target market yang tepat.
Lakukan penyebaran brosur pada target market yang tepat, misalnya dalam seminar, pameran, atau sebar brosur di kompleks perumahan yang sesuai dengan target market Anda. Sisipan ke dalam surat kabar/tabloid juga efektif.

4. Berikan tiga brosur kepada kenalan atau teman Anda
Saat kita memberikan sebuah brosur kepada teman kita yang kira-kira dia adalah pengambil keputusan, berikanlah tiga lembar brosur usaha Anda kepada mereka. Mereka akan bertanya, “mengapa saya diberi 3 buah brosur, padahal satu buah saja cukup?”. Anda cukup menjawab “Pak, satu buah brosur untuk Anda, jika Anda membutuhkan produk kami suatu saat brosur ini bisa dijadikan referensi, dan kami meminta tolong kepada bapak apabila ada teman yang membutuhkan brosur ini bapak bisa memberikannya kepada teman tersebut. Bapak telah melakukan 2 kebaikan sekaligus, yang pertama menolong saya dan yang kedua membantu teman bapak untuk memenuhi kebutuhannya”.

5. Selalu lakukan uji dan ukur.
Ini adalah poin penting untuk kesuksesan penyebaran brosur Anda. Selalu lakukan pengujian sebelum melakukan penyebaran secara masif baik pengujian pada materi brosur, target market dan metode penyebarannya. Cara pengujian cukup sederhana, mintalah beberapa orang yang menjadi target market Anda untuk melihat dan mengomentari brosur yang Anda buat. Jika mereka tertarik dengan brosur yang Anda buat dan mau melakukan pembelian saat itu juga, maka bersiaplah untuk menyebarkannya secara masif. Setelah penyebaran dilakukan selalu ukur tingkat keberhasilan penyebaran brosur Anda. Jika ada yang kurang maka harus dilakukan pembenahan agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

Demikian tips dari Brosur Kilat, semoga bermanfaat untuk peningkatan promosi usaha Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline