Di tahun 2020 kemarin, salah satu konten video karya anak bangsa yaitu Rewind Indonesia 2020 ramai dibicarakan. Video tersebut disutradarai oleh Chandra Liow dan Aulion dan diinisiasi juga oleh para youtuber lainnya seperti Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, dan Nessi Judge.
Rewind Indonesia 2020 ini tayang pada 28 Desember 2020 di akun youtube Indonesia Youtubers. Isi video ini bisa dikatakan merangkum hal-hal yang trending di tahun 2020 dan diperankan oleh para youtuber.
Video ini menerima respon positif dari masyarakat Indonesia bahkan mendapat perhatian dari masyarakat luar yang bisa dilihat dari berbagai video reaction yang ada di youtube.
Kali ini mari kita mencoba mengevaluasi atau menilai dari segi design dan isi pesan.
1. Design
Gaya dan Organisasi
Ketika melihat konten ini, konsepnya tertata dengan baik. Transisi yang ada dalam video mengalir begitu saja dan jalan ceritanya tidak berantakan. Desain latarnya yang minimalis pun sangat unik dan menarik. Latar yang ada sangat mendukung dan tidak mengganggu.
Kreativitas
Tingkat kreativitas yang tinggi sangat terlihat dalam video. Penggunaan sudut kamera yang berfokus tengah membuat penonton dapat fokus ke objek yang dituju. Mulai dari bidikan dan jarak yang dipakai di setiap konsep juga membantu mengarahkan fokus penonton.
Efek suara dan musik yang dipakai juga cocok dengan konsep setiap scenenya. Contoh penggunaan efek suara yang berhasil terdapat pada scene para pemain impostor.
Selain itu contoh musik yang sesuai dengan konsep terdapat pada bagian orang-orang sedang berlarian membantu orang yang terkena musibah. Pemilihan lagu atau musik mendukung scene tersebut. Scene tolong menolong dipadukan dengan lagu nasional terasa sangat cocok.