Lihat ke Halaman Asli

Bring ItBag

Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga UI 2016

Bring It Bag: Take It, Zip It, Bring It!

Diperbarui: 29 Mei 2019   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Rencana Pengembangan Produk Bring It Bag

1. Pengembangan atau Penambahan Varian produk

            Produk utama kami adalah tas Bring It Bag. Tas Bring It Bag merupakan tas 2-in-1 yang memiliki dua model yaitu sling bag dan tote bag. Ketika tas ini menjadi model sling bag, tas ini akan berukuran lebih kecil (25x30 cm) dan cocok digunakan untuk kegiatan yang tidak membutuhkan banyak ruang seperti jalan-jalan atau acara santai. Sedangkan, ketika menjadi model tote bag (35x30 cm), tas ini dapat digunakan untuk kegiatan yang membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan barang seperti laptop, notebook, hingga map. Pada bagian dalam tas, terdapat kantong organizer yang dilengkapi dengan perekat supaya barang tetap tersimpan rapi.

            Penjualan produk tas Bring It Bag berdasarkan deskripsi di atas menghasilkan keuntungan yang cukup baik. Namun, selama kegiatan pemasaran dan penjualan tas di Exhibition dan Alley Market 2019, kami mendapatkan beberapa umpan balik dari pelanggan. Umpan balik tersebut menjadi pertimbangan kami untuk mengembangkan produk di masa yang akan datang.

            Dari segi fisik tas, kami mendapatkan umpan balik dari salah satu pelanggan untuk menambah kualitas tas dengan mengganti pengait pada strap tas. Menurutnya, pengait pada strap tas kami kurang kuat sehingga dikhawatirkan akan cepat rusak apabila tas diisi dengan beban yang berat. Selain pengait, pengembangan akan kami lakukan pada segi ukuran. Beberapa pelanggan menginginkan ukuran saat menjadi sling bag lebih besar supaya kapasitas tas mampu untuk terisi banyak barang seperti laptop dan notebook ukuran kecil. Oleh karena itu, untuk produksi selanjutnya kami akan mengganti pengait tersebut dengan material yang lebih kuat dan membuat ukuran tas yang lebih ideal dibandingkan dengan yang sekarang.

            Berdasarkan umpan balik yang diberikan pelanggan, kami akan menambah varian produk dari segi warna pada tas Bring It Bag. Sebelumnya, varian warna yang kami tawarkan hanya ada Maroon, Navy, Black, dan Brown. Warna-warna tersebut merupakan warna yang netral untuk digunakan semua kalangan. Penambahan varian warna akan kami lakukan untuk menjangkau pelanggan dengan preferensi warna selain yang telah disebutkan.

2. Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan

Pada awal mula produk kami diproduksi segmentasi pasar kami hanya perempuan dengan usia 17 hingga 29 tahun. Akan tetapi saat sudah memasuki pasar, kami melakukan penyesuain dengan permintaan pelanggan. Saat ini, segmentasi pasar kami adalah perempuan dan laki-laki dengan rentang usia remaja hingga dewasa. Dengan demikian, produk kami termasuk ke dalam kategori unisex dimana laki-laki dan perempuan dapat menggunakan produk ini. Bring It Bag memiliki 4 warna yaitu Maroon, Navy, Black, dan Brown. Untuk tas yang berwarna Maroon dan Brown, segmentasi pasar kami adalah kalangan perempuan remaja hingga dewasa. Untuk tas yang berwarna Navy dan Black, maka segmentasi pasar kami adalah perempuan dan laki- laki dengan rentang usia remaja hingga dewasa karena produk ini Unisex. 

Target pasar Bring It Bag adalah seluruh wilayah di Indonesia. Saat ini, tercatat kami telah menjual produk kami ke Civitas Akademika Universitas Indonesia sebagai rintisan awal produk kami, yang sudah kami mulai saat Exhibition di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia pada tanggal 24-25 April 2019. Selain itu, kami sudah menerima pesanan yang berasal dari Jabodetabek dan luar Jabodetabek yaitu dari Jawa Tengah, Kalimantan, dan juga Bali. Pengiriman tas yang kami jual secara online akan kami lakukan melalui kurir, dan kami memilih jasa kurir yaitu J&T, JNE dan Go-Send by-request.

Untuk memperluas cakupan pelanggan kami, Bring It Bag telah membuka akun shopee untuk dapat menarik pelanggan baru dengan penawaran gratis ongkir yang telah disubsidi oleh shopee. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengembangan segmentasi pelanggan.

3. Penyesuaian Value Proposition

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline