Lihat ke Halaman Asli

Tekan Angka Stunting, Mahasiswa KKN Undip Buat Seminar dan Diskusi Pernikahan Dini

Diperbarui: 19 Februari 2023   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seminar dan Diskusi Pernikahan Dini dari Prespektif Hukum dan Antropologi oleh Mahasiswa KKN Undip

Gudangharjo, Paranggupito, Wonogiri (27 Januari 2023) - Tim KKN Undip Desa Gudangharjo"Liveingudangharjo" tanggapi permasalahan yang masih banyak terjadi di  desa-desa di Indonesia yaitu masalah stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan stunting diantaranya Pola Makan, Pola Asuh, dan Sanitasi dan Akses Air Bersih Rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan. Melihat permasalahan tersebut, Tim KKN Undip menghadirkan program berupa beberapa kegiatan seperti Kelas Ibu Hamil dan menghidupkan kembali Posyandu Remaja. Selain dua program tadi, ada pula Mahasiswa Tim tersebut yang mencoba mengali permasalahan ini dari sumbernya. Alhasil ditemukan bahwa salah satu penyebab signifikan dari faktor penyebab stunting adalah keluarga yang belum mapan dan sejahtera. Oleh sebab itu dua mahasiwa dari Tim KKN Undip mengadakan Seminar dan Diskusi Pernikahan Dini dari Prespektif Hukum dan Antropologi untuk menanamkan pentingnya mempersiapkan mental, fisik, dan ekonomi sebelum memutuskan untuk menikah.

Seminar ini diisi oleh mahasiswa dari Jurusan Hukum dan Jurusan Antropologi. Seminar ini dilaksanakan dengan diskusi interaktif dengan peserta sehingga harapannya dapat berkesan bagi para peserta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline