Lihat ke Halaman Asli

Melihat Produksi dan Konsumsi Berita Masa Kini hingga Tantangannya

Diperbarui: 16 Maret 2022   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi media | Rawpixel.com/Shutterstock 

Produksi berita kini tak hanya berfokus pada teks dan gambar saja. Kemudian, mengonsumsi berita saat ini sudah tak dibatasi oleh ruang dan waktu. Meskipun begitu, tak sedikit pula tantangan yang muncul dalam memproduksi dan mengonsumsinya.  

Saat ini perkembangan terus dilakukan di berbagai sektor, baik teknologi, ekonomi, hingga sosial. Hal ini juga tak menutup perkembangan di bidang komunikasi, yakni jurnalisme. 

Jurnalisme yang dulu dan jurnalisme saat ini, tentunya mengalami perubahan dan perkembangan. Dulu, ketika ingin mendapatkan sebuah informasi, kita diharuskan untuk membeli surat kabar, mendengarkan radio, hingga menonton televisi. 

Di mana proses konsumsi berita tersebut, cenderung bersifat satu arah saja. Sebagai pembaca dan audiens, kita mengonsumsi berita secara pasif. Selain itu, dulunya proses produksi berita membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama dibandingkan saat ini.

Selain mengetik, berita harus dicetak dahulu dan barulah didistribusikan kepada masyarakat. Itupun juga masih membutuhkan waktu perjalanan untuk mengantarkan ke para pembaca. Begitupun dengan media penyiaran, selain masih bersifat satu arah, juga para audiens dihadirkan informasi hanya pada waktu-waktu yang sudah ditentukan dari media tersebut. 

Produksi berita saat ini

Saat ini dengan perkembangan dan teknologi, informasi dapat diperoleh dengan sangat mudah. Kini, sumber informasi dapat kita dapatkan hanya melalui genggaman saja. Berbagai media yang awalnya berfokus pada media cetak dan penyiaran, juga merambah dan berintegrasi dengan digitalisasi. 

Tak sedikit pula, individu atau kelompok yang membuat media online dalam rangka memberikan informasi dan berita kepada khalayak. Perkembangan teknologi dan media digital, membawa informasi dapat disebarkan secara cepat, serta tanpa batasan ruang dan waktu. 

Ilustrasi media online| Obionyeador/Unsplash

Produksi berita yang awalnya membutuhkan proses pencetakan dan penyebaran, kini hanya dalam hitungan menit bahkan detik sudah dapat tersebar kepada masyarakat luas. Namun, dalam produksinya jurnalisme masa kini dan masa depan juga berfokus pada multimedia dan berbagai elemennya

Pandangan dari McAdams juga menambahkan bahwa jurnalisme masa kini dan masa depan mengarah pada 'storytelling' atau jurnalisme bercerita. Beberapa cara yang dipaparkan oleh McAdams untuk menghasilkan storytelling journalism, yakni:

  1. Melengkapi, bukan mengulangi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline