Lihat ke Halaman Asli

Longform Journalism, Pilihan dalam Mencari Informasi Secara Mendalam dengan Visual Menarik

Diperbarui: 25 Oktober 2021   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi | Foto: Unsplash/ Obi Onyeador

Longform journalism akan memberikan informasi secara mendalam melalui elemen multimedia dan visual menarik. Selain itu, juga menyajikan informasi secara menarik  yang berbeda dari berita pada umumnya. 

Saat ini informasi tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, bahkan kita kerap dibombardir informasi di berbagai media. Segala macam informasi, mulai dari berita, investigasi, penawaran, opini hingga kejadian terkini dapat dicari, diakses, bahkan diproduksi oleh audiens. 

Dalam membaca berita, sudah menjadi hal yang biasa jika disajikan dengan teks dan foto. Hal ini terkadang membuat sebagian pembaca merasa bosan dalam membaca informasi, bahkan kerap tak menyelesaikan apa yang mereka baca. 

Berbeda dengan longform journalism, salah satu jenis jurnalisme ini akan membuat para pembacanya mendapatkan informasi secara mendalam, tetapi juga menarik pandangan atau visual. Dalam membaca longform journalism atau jurnalisme bentuk panjang, pembaca akan merasakan visual yang menarik dan tidak membosankan. 

Mengenal longform journalism 

nbcccy-6174232406310e13875898b2.jpg

Laman Homeless and facing winter in Minneapolis NBC News. | Foto: Screenshot Pribadi 

Sesuai dengan namanya 'longform journalism', tentunya ini mengacu pada produk jurnalistik dengan sifat atau bentuk yang panjang. Dalam hal ini, mencakup isi atau panjang dari sebuah informasi yang diberikan. 

Jurnalisme bentuk panjang terbagi dalam empat kategori, yaitu pendek (<5.000 karakter), sedang (5.000-10.000), panjang (10.000-20.000), dan sangat panjang (>20.000). Contoh dari longform journalism adalah liputan investigasi atau liputan in-depth yang kerap muncul di rubrik media digital. 

Format longform journalism fokus pada kualitas dan sajian yang mendalam mengenai topik tertentu. Produk jurnalistik bentuk ini, tentunya tidak diproduksi dalam waktu yang singkat, melainkan membutuhkan waktu yang lebih lama dari berita pada umumnya. 

Konten dari longform journalism, pada umumnya berusia lebih lama dibanding produk jurnalistik lainnya. Hal ini dikarenakan, konten yang disajikan mengarah pada investigasi, feature, dan evergreen

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline