Lihat ke Halaman Asli

briggita christie

Mahasiswi STIE Trisakti / 201950114

Perubahan Risiko Budaya Karena Covid-19

Diperbarui: 14 September 2021   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Risiko Budaya | Sumber : https://www.onsightapp.com/

Pandemi COVID-19 memiliki salah satu dampak paling besar dalam sejarah pada kehidupan manusia. Banyak sekali perubahan yang terjadi karena pandemi tersebut. Seluruh pendidikan dilakukan secara daring, pekerjaan banyak sekali yang terganggu karena harus menyesuaikan diri dalam semalam karena adanya pandemi. 

Gangguan yang meluas menyebabkan peningkatan kecemasan dan stres yang menantang kemampuan perusahaan untuk mengelola risiko secara efektif. Bagi banyak organisasi dan perusahaan, prioritas mereka sedang diarahkan untuk fokus pada krisis dan jadwal reguler pengelolaan pengendalian risiko. 

Budaya risiko yang kuat lebih dibutuhkan sekarang daripada sebelumnya, karena semakin diandalkan untuk membuat keputusan etis dan risiko yang efektif dalam pekerjaan sehari-hari mereka.

Ketika orang beradaptasi dengan cara kerja yang berbeda, berinteraksi dan mencoba untuk menyeimbangkan tuntutan profesional dan pribadi yang bersaing, perilaku dan sikap baru terbentuk, itu mengubah budaya perusahaan. 

Untuk beberapa organisasi, budaya baru ini akan memiliki sedikit kemiripan dengan apa yang terjadi sebelumnya. 

Disrupsi ini memberi perusahaan kesempatan untuk membentuk budaya yang muncul ini untuk memastikannya tetap memimpin nilai, mendukung keputusan risiko yang bertanggung jawab, dan mencerminkan selera risikonya.

Jangan takut untuk mengambil langkah besar. Anda tidak dapat melewati jurang dalam dua lompatan kecil.

Ketika berbicara tentang budaya risiko di dunia COVID-19, apa yang perlu dipikirkan organisasi terlebih dahulu?

Profil risiko telah berubah, demikian pula efektivitas pengendalian organisasi.

Situasi COVID-19 telah mengubah profil risiko sebagian besar bisnis. Variasi dalam saran pemerintah dan peraturan, kebutuhan pelanggan dan mitra bisnis, dan cara kerja karyawan terus berkembang. 

Sekarang penting bagi perusahaan untuk memahami dampak dari perubahan ini: dengan cepat menilai risiko mana yang semakin penting, kemungkinan mereka menjadi masalah yang signifikan, dan potensi konsekuensinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline