Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 CGP Angkatan 10 ini dibuat dengan menggunakan metode 4F (Facts, Feeling, Findings, Future)
Facts (Peristiwa)
Modul 1.2 dimulai pada 1 April 2024. Tahap pertama yaitu Mulai dari diri. Peserta disajikan penjelasan tentang trapezium usia. Kemudian diminta memuat trapesium usia versi masing-masing. Saya membuat trapesium usia versi saya. Saya cantumkan usia mengalami peristiwa positif dan peristiwa negatif.
Kemudian tanggal 2-3 April tahap eksplorasi konsep. Saya belajar mandiri melalui teks dan video yang tersedia. Selain itu juga mengerjakan soal-soal yang ada. Materi pada modul 1.3 dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu Bagaimana manusia tergerak, bagaimana manusia Merdeka bergerak, dan Bagaimana Menggerakkan Manusia: Menuntun Kekuatan Kodrat Manusia.
Tahap eksplorasi konsep diakhiri dengan forum diskusi eksplorasi konsep. Saya menuliskan cerita mengenai salah satu nilai guru penggerak yang membantu saya dalam melayani murid. Saya juga sampaikan 10 contoh kegiatan sekolah yang saya anggapmerupakan contoh penerapan dari peran guru penggerak
Pada 4 April 2024 saya mengikuti Ruang Kolaborasi melalui google meet. Terdapat tugas kelompok yaitu berdiskusi menyiapkan bahan presentasi. Saya berada di kelompok 3 dengan jumlah anggota empat orang. Tugas yang disiapkan yaitu tentang rancangan kegiatan yang memuat 1 nilai dan peran guru penggerak yang dipilih oleh kelompok.
Namun, kegiatan di modul 1.2 harus terjeda 2 minggu karena libur lebaran. Ruang kolaborasi sesi presentasi kelompok akhirnya dilaksanakan pada 17 April 2024.
Setelah ruang kolaborasi, saya melaksanakan demonstrasi kontekstual secara mandiri dengan. Untuk kegiatan ini saya membuat slide power point yang diupload ke google drive
Feeling (Perasaan)