Lihat ke Halaman Asli

Brian JordanC

Mahasiswa

Pangan 2019: Ada apa dengan HPS 2019 di Jateng?

Diperbarui: 29 Oktober 2019   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Adanya peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) merupakan sebuah momentum yang mengingatkan dunia bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat secara berkelanjutan. Ada hal yang menarik dalam pegelaran HPS 2019 ini bagi mahasiswa-mahasiswi khususnya di Salatiga, karena HPS tahun ini dapat disaksikan secara langsung bahkan dapat menjadi peserta dalam memeriahkan acara ini.

Yap... Hari Pangan Sedunia 2019 di Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan di Kota Salatiga.

Suatu hal yang sangat membanggakan, kota kecil bernama Salatiga dapat terpilih sebagai tuan rumah pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019 tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan selama tiga hari, Jumat-Minggu (25-27/10/2019). Acara ini berlangsung di halaman Kampus 3 IAIN Salatiga dan dihadiri oleh banyak sekali peserta dari berbagai daerah di seluruh Jawa Tengah. Ratusan stan dari  berbagai daerah se Jawa Tengah memamerkan hasil olahan dan inovasi pangan serta teknologi dari daerahnya masing-masing dan berbagai lomba juga meramaikan acara ini.

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional terhadap pentingnya penanganan masalah pangan baik ditingkat global, regional maupun nasional. Di Indonesia, pelaksanaan Hari Pangan Sedunia dimaksudkan sebagai media untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan menggalang kerja sama dengan pihak terkait dalam meningkatkan sinergi menangani masalah pangan. Hal ini karena dimasa mendatang, upaya pemenuhan pangan akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Selain itu, memperkokoh solidaritas antar bangsa dalam usaha memberantas kekurangan pangan dan gizi yang masih dialami oleh sebagaian penduduk dunia terutama di negara berkembang.

"Teknologi Industri Pertanian & Inovasi Mewujudkan Daulat Pangan", menjadi tema HPS 2019 ke-39 se Jawa Tengah. 

Tema HPS 2019 di Salatiga ini untuk menyongsong 2045 Indonesia lumbung pangan dunia. Sehingga diperlukan inovasi mengolah bahan makanan untuk mewujudkan lumbung pangan.

Antusias masyarakat sangat tinggi terhadap acara ini mulai dari anak-anak hingga lansia juga ikut menyaksikan dan mendukung perhelatan acara ini. Rangkaian acara ini tidak membosankan seperti acara kedinasan yang kaku, karena didalam acara ini terdapat panggung hiburan rakyat. Sehingga terlihat sangat menyenangkan dan sangat merakyat, semua kalangan dapat menikmati acara ini tanpa pandang bulu. Hari pertama (Jumat, 25/10) hingga hari terakhir (Minggu, 27/10), pengunjung HPS 2019 di Kampus 3 IAIN Salatiga tidak sepi pengunjung. Hal ini menunjukan HPS yang diselenggarakan sangat didukung oleh masyarakat khususnya Salatiga, ini membuktikan masih ada kesadaran masyarakat terhadap pangan di Indonesia maupun global.

Produk-produk yang dipamerkan sangat beragam, menarik dan yang paling utama adalah inovatif. Hal paling menarik dari produk pangan adalah semuanya berasal dari bahan pangan lokal. Bukan hanya produk pangan siap konsumsi saja yang ditawarkan oleh stan-stan, melainkan juga mendemonstrasikan proses pengolahan produk tersebut. Selain produk pangan, pengenalan teknologi pertanian juga terdapat pada acara ini.

Hal-hal yang ditawarkan pada HPS 2019 di Salatiga dapat dikatakan sebagai paket lengkap. Melalui stan-stan dari berbagai daerah se Jawa Tengah ini dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga tertutama bagi generasi muda. Diharapkan HPS 2019 ini bukan hanya menjadi pegelaran tahunan wajib, melainkan dapat memberi dampak besar terhadap pangan di Indonesia. Seperti diketahui Tema Global Hari Pangan Sedunia tahun ini adalah "Tindakan Kita adalah Masa Depan Kita. Pola Pangan Sehat, untuk #Zerohunger 2030".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline