Lihat ke Halaman Asli

Brenyka Ayu

Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Airlangga

Johnny Depp: Bukti Lelaki Juga Dapat Menjadi Korban Domestic Violence

Diperbarui: 23 Juni 2022   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 1 Juni 2022, aktor Johnny Depp berhasil memenangkan persidangan dalam kasus pencemaran nama baik yang dilakukan oleh mantan istrinya, yaitu Amber Heard. Kemenangan ini diperoleh setelah persidangan memutuskan bahwa Amber Heard terbukti mencemarkan nama baik Johnny Depp. 

Amber Heard mendapat tuntutan dari Johnny Depp untuk memberikan ganti rugi sebesar US$50 juta atau sekitar Rp717,6 miliar. Hal ini dikarenakan, munculnya sebuah artikel yang dibuat oleh Amber Heard di Washington Post pada tahun 2018. 

Dalam artikel tersebut, nama Johnny Depp tidak disebutkan oleh Amber Heard. Sehingga, pemain film Aquaman tersebut menuntut balik Johnny Depp dengan ganti rugi yang berjumlah lebih banyak dari yang diminta oleh Depp.

Johnny Depp dan Amber Heard bercerai pada tahun 2017, dimana kasus perceraian ini melibatkan tuduhan adanya domestic violence atau kekerasan dalam rumah tangga yang telah dilakukan oleh Depp kepada Heard. 

Tuduhan ini mengakibatkan Depp kehilangan beberapa perannya, seperti Captain Jack Sparrow dalam film Pirates od The Caribbean dan Grindelwald dalam film Fantastic Beasts. 

Johnny Depp mengatakan bahwa selama menjalin hubungan dengan Amber Heard, tidak pernah sekalipun Depp memukul Heard dalam pertengkaran atau perbedaan argument dalam rumah tangga mereka. 

Depp juga mengaku tidak pernah memukul wanita dalam hidupnya. Pemberitaan yang menurut Depp tidak benar ini sudah menyebar secara global, Depp memutuskan untuk membela dirinya dan anak-anaknya agar kebenaran yang sesungguhnnya terungkap.

Tak lama, beberapa saksi mulai bermunculan, begitu juga dengan Depp dan Heard yang mengungkapkan cerita mereka masing-masing yang belum pernah didengar oleh publik. Johnny Depp rupanya pernah mengalami masa kecil yang mengerikan, dimana ia pernah berada dibawah asuhan ibu yang ringan tangan. Jari Johnny Depp juga pernah terputus akibat pertengarannya dengan Heard. 

Kabar ini tentu membuat netizen didunia terkejut. Tidak dapat dipungkiri, kebanyakan kasus kekerasan akan membuat masyarakat lebih memilih untuk mendukung pihak perempuan dibandingkan pihak laki-laki. 

Namun, dalam kasus Depp dan Heard ini, Depp sebagai pihak laki-laki lebih mendapatkan banyak simpati dari masyarakat. Hal ini terbukti dari berbagai komentar yang dilontarkan netizen terhadap pemberitaan Johnny Depp dan Amber Heard. 

Masyarakat menuntut keadilan atas apa yang telah terjadi terhadap Depp. Masyarakat menyuarakan dukungan mereka melalui tagar "Justice for Johnny Depp" yang tersebar diberbagai sosial media, seperti twitter, tiktok, dan instagram.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline