Lihat ke Halaman Asli

Komunikasi dan Globalisasi Budaya

Diperbarui: 29 November 2018   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: png.clipart-library.com

Dalam bidang media, menunjukkan bahwa Bangsa Barat yang dipimpin oleh AS mendominasi arus informasi dan intertainment internasional di semua sektor media besar.

Dampak dari arus satu arah informasi global dan hiburan pada budaya media nasional dan regional adalah komunikasi dan media internasional yang mengarah ke homogenisasi budaya, tetapi pola interaksi global / nasional / lokal mungkin lebih kompleks.

Isu hibriditas

Bagaimana genre global disesuaikan dengan kode budaya nasional dianalisis melalui studi kasus Zee TV, yang merupakan jaringan multimedia pribadi terbesar India.

Globalisasi budaya barat

Industri perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi global dimiliki oleh beberapa perusahaan transnasional, terutama yang berbasis di AS. Seperti media hiburan di AS (film, televisi, programer, iklan) dan jaringan informasi (berita, dokumenter, informasi on-line) yang memiliki daya tarik internasional terluas. Beberapa berpendapat bahwa pemrograman yang ditransmisikan secara global akan mempromosikan budaya media bersama, berdasarkan bahasa inggris dan gaya hidup barat dan nilai-nilai.

Globalisasi model iklan televisi komersial Barat yang diadopsi dan didorong oleh iklan membawa budaya konsumen ke ruang-ruang hidup di seluruh dunia. Sebagai media visual, televisi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas daripada media cetak. Televisi demikian penting untuk apa yang disebut "budaya massa global", yang didominasi "oleh citra, citra, dan gaya iklan massa" (Hall, 1991: 27).

Budaya massa ini mungkin mempengaruhi cara orang berpikir tentang identitas regional atau nasional, karena mereka semakin ekspose ke global, yang sebagian besar adalah Amerika.

Televisi Anak-Anak

Sebelum liberalisasi pasar media, distribusi internasional dari program anak-anak dibatasi oleh jumlah outlet TV yang tersedia dan adanya kuota pada materi asing yang beroperasi di banyak negara. Dengan menjamurnya saluran televisi secara global, saluran khusus anak-anak telah menjadi bagian integral dari pasar televisi internasional. Menurut Screen Digest, dari 87 saluran anak-anak yang beroperasi di seluruh dunia pada tahun 1999, 50 diluncurkan dalam tiga tahun terakhir saja, dengan 33 saluran menggunakan pemrograman berbahasa Inggris (Screen Digest, 1999).

MTV - Music Television

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline