Lihat ke Halaman Asli

Brand Stories

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Mengenal Penyebab BAB Sakit pada Orang Dewasa

Diperbarui: 30 Mei 2022   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Vegeta Herbal

Vegeta Herbal -- Hampir semua orang pasti pernah mengalami buang air besar atau BAB sakit. Rasa sakit saat membuang air besar, tentu saja meninggalkan rasa tidak nyaman. 

Meski begitu, sakit saat membuang air besar juga termasuk hal yang normal selama penyebabnya adalah asupan makanan yang dikonsumsi.

Penyebab BAB Terasa Sakit dan Cara Mengatasinya

Di samping itu, ada pula penyebab lainnya seperti sembelit, wasir, dan kanker usus. Maka dari itu, Anda harus tetap waspada apabila frekuensi sakitnya selalu muncul saat membuang air besar. 

Sebab, bisa menyebabkan timbulnya penyakit pada tubuh. Untuk mengatasinya, cari tahu penyebab BAB sakit di bawah ini.

Sembelit

Sembelit terjadi saat jarang ataupun sulit membuang air besar. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan serat dan kebiasaan menahan BAB, sehingga membuat feses keras, kering dan sulit untuk dikeluarkan.

Selain munculnya rasa sakit saat BAB, ada pula gejala lainnya seperti rasa belum tuntas membuang air besar, kram perut, hingga kembung. 

Untuk mengatasinya, minumlah banyak air putih setiap harinya, mengonsumsi makanan berserat tinggi, kurangi asupan alkohol maupun kafein, dan mengonsumsi makanan mengandung probiotik seperti yogurt.

Diare

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline