Lihat ke Halaman Asli

Bramantya Pradipta

Pengajar bahasa

Pelatihan Bahasa Inggris pada Karang Taruna Desa Simoketawang untuk Kegiatan Pemasaran Mancanegara

Diperbarui: 18 November 2022   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Ada berbagai kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan dari 31 kegiatan Matching Fund yang diusulkan oleh Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 pendanaan tahun 2022 dengan ketua pengusul Febby Rahmatullah Masruchin, S.T.,M.T. dosen Arsitektur Untag Surabaya dan melibatkan 31 dosen dan 155 mahasiswa Untag Surabaya dari berbagai program studi.

Kegiatan ini termasuk ke dalam kegiatan 6 terkait Pembuatan Media Pemasaran Wisata dengan koordinator Drs. Cuk Yuana, M.Hum. yang terdiri dari 3 sub kegiatan. Kegiatan ini merupakan sub kegiatan 6.1 terkait Konten pemasaran offline online bahasa Indonesia dan Inggris.

Kegiatan Konten pemasaran offline online bahasa Indonesia dan Inggris adalah Pelatihan Bahasa Inggris yang memberikan materi kepada Karang Taruna Desa Simoketawang untuk dapat melakukan pemasaran Desa Kelengkeng Simoketawang dalam ruang lingkup yang mancanegara dan sekaligus bagaimana nantinya pemuda dan pemudi dapat menjadi pelaku wisata ketika nantinya ada wisatawan dari mancanegara datang.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 1 Dosen yaitu Bramantya Pradipta, S.Hum., M.Hum. dari program studi Sastra Inggris bersama 5 mahasiswa MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dari program studi Sastra Inggris antara lain Nabila Hani Apriliana, Fanzial Ulhaq Roufur Rochim, Muhamad Wildan Ramadhan, Almira Pramadiasta, Wildan Farhan. 

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan menunjang pelaksanaan kegiatan wisata Desa Simoketawang menjadi desa mandiri dalam pembuatan media pemasaran wisata khususnya pemasaran dalam ruang lingkup mancanegara, maka diperlukan kegiatan penunjang media pemasaran wisata tersebut berupa pelatihan-pelatihan, di antaranya  pelatihan bahasa Inggris, pelatihan pembuatan buku pedoman dan pembuatan konten website desa Simoketawang sebagai desa wisata Kampung Kelengkeng.  

Sehingga tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah membantu  Desa Simoketawang menjadi desa mandiri dalam pembuatan media pemasaran wisata dalam ruang lingkup mancanegara, khususnya pembuatan buku pedoman dan pembuatan konten website desa Simoketawang sebagai desa wisata Kampung Kelengkeng. 

DUDI (Dunia Usaha dan Industri) atau mitra sasaran dari kegiatan ini adalah Desa Simoketawang dengan sasaran Karang Taruna Desa Simoketawang yang berjumlah 30 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 bulan sejak Juli hingga Desember 2022 dengan 4 bulan efektif pelaksanaan (Agustus hingga Nopember). Bulan Juli 2022 merupakan tahap persiapan dan Desember 2022 merupakan tahap evaluasi. 

dokpri

Kegiatan yang dilaksanakan antara bulan Agustus hingga November antara lain koordinasi awal dengan pihak Karang Taruna Desa Simoketawang dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2022, pada saat itu dilakukan diskusi mengenai waktu untuk pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris. Kemudian, pada tanggal 30 Oktober 2022 pukul 16.30  dilakukan pelatihan bahasa Inggris dilakukan pelatihan bahasa Inggris yang dihadiri oleh 20 peserta dari Karang Taruna Desa Simoketawang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline