Lihat ke Halaman Asli

Rizan Mulya

Peneliti

Karya Tulis Ilmiah

Diperbarui: 1 Februari 2022   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berdasarkan Undang Undang No.18 Tahun 2002 tentang system nasional penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi menyatakan  bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi di tunjukan  sebagai upaya  pencepatan pencapaian tujuan Negara, serta peningkatan daya saing dan kemandirian dalam  memperjuangkan kepentingan Negara dalam pergaulan internasional. Mahasiswa merupakan salah satu agen yang harus turut serta dalam pencapaian tujuan Negara tersebut melalui penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah guna pengembangan IPTEK.

Dalam hal ini karya tulis ilmiah, merupakan salah satu bentuk dari upaya pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karya tulis ilmiah berangkat dari isu-isu atau permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar atau masyarakat sehingga kebiasaan menulis karya tulis ilmiah mampu mengasah sensitivitas seorang peneliti dalam menganalisis masalah masyarakat dan mencari solusinya melalui kegiatan penelitian.

Harapanya dengan diluncurkannya  pelatihan karya tulis ilmiah dapat menfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa dalam mengkaji  dan mengembangkan  serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, program KTI juga dikembangkan guna mengarahkan mahasiswa yang diangkat didalam suatu peguruan tinggi dikota Palembang khusunya dan diindonesia pada umumnya .

HMI sebagai kader umat dan kader bangsa yang menjadi bagian dari pilar reformasi masih dan harus terus menerus melakukan suatu kretivitas mahasiswa dalam bidang IPTEK, agar apa yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik. disamping itu, perlu terus melakukan kontrol terhadap setiap apa yang dilakukan oleh pengambil kebijakan. sehingga tidak ada kata diam pada diri mahasiswa yang menginginkan ada perubahan di bumi tercinta ini. Baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebab itu barangkali menjadi sangat tepat pada saat ini untuk kemudian mahasiswa melakukan suatu kajian tentang kretif dan inovatif dalam dunia digital sehingga nantinya mampu membuat tolak ukur kemajuan langkah pemerintah dalam mewujudkan mahasiswa yang kreatif akan IPTEK.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline