Lihat ke Halaman Asli

BP2LHK Manado

Kampus Kreatif Sahabat Rakyat

Jurnal Wasian Terbitkan Volume Terbaru dengan Status Terakreditasi

Diperbarui: 6 Juli 2018   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BP2LHK MANADO (Manado, 02/07/2018) Setelah resmi mendapatkan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (TBI) LIPI pada tahun lalu, Jurnal WasianBalai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado menerbitkan Volume 5 Nomor 1 tahun 2018 yang merupakan terbitan pertama dengan status "Terakreditasi".

Jurnal Wasian berdasarkan Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 1015/E/2017 tentang Hasil Akreditasi TBI dinyatakan "Terakreditasi" dengan sertifikat akreditasi nomor 780/Akred/P2MI-LIPI/08/2017 dan berlaku selama 5 tahun (Agustus 2017 - Agustus 2022). Hal ini menjadikan Jurnal Wasian satu dari 8 jurnal lingkup Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK yang terakreditasi.

Pada Volume 5 Nomor 1 tahun 2018 kali ini Jurnal Wasian mengetengahkan 6 (enam) artikel, yaitu "Wildlife Diversity for Ecotourism at Aqua Lestari Forest Park, North Minahasa" oleh Diah Irawati dkk, "The Intensity Attack of Leaf Pest Graphium agamemnon L. and Its Parasitoid Potency on Monoculture and Agroforestry Manglid (Magnolia champaca) Patterns " oleh Endah Suhaendah dan Aji Winara, "Analysis of Characteristics and Typology of Mapili Watershed West Sulawesi Province" oleh Wahyudi Isnan danHasnawir Hasnawir, "Identification of Water Bacteria from Nickel Post Mining in East Halmahera" oleh Margaretta Christita dkk, "Development Strategy of Masoi (Cryptocarya massoia (Oken) Kosterm.) as Non-Timber Forest Products in Teluk Bintuni, West Papua With SWOT Analysis" oleh Baharinawati dkk serta "The Study of Faustmann Formula Application in Sustainable Natural Forest Management in Indonesia" oleh Yonky Indrajaya.

Jurnal Wasian memiliki International Standard Serial Number (ISSN) 2355-9969, perdana terbit pada Juni 2014 yang merupakan wujud baru dari "Info BPK Manado" dengan ISSN 2252-4401 yang sudah terbit sejak Desember 2011. Jurnal Wasian terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) berisikan artikel/tulisan ilmiah kontribusi para peneliti, akademisi, maupun masyarakat lainnya di bidang kehutanan dan melibatkan dewan redaksi dan mitra bestari yang kompeten di bidang kepakarannya. Sejak tahun 2016 Jurnal WASIAN telah menerapkan Online Journal System (OJS)  dan sekarang sudah terindeks di 13 Pengideks Jurnal yang salah satunya telah terindeks DOAJ, dimana untuk lingkup BLI Jurnal Wasian adalah jurnal ke-3 yang terindeks DOAJ setelah Jurnal IJFR Sekretariat BLI dan Jurnal Wallacea BP2LHK Makassar. Untuk mengetahui lebih lengkap pembaca bisa langsung mengakses di laman web http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS/index ***(Muhammad Farid)

Artikel terkait :

Menuju Jurnal Ilmiah Terakreditasi, Semangat Menulis tidak Boleh Putus

BP2LHK Manado Raih Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan

Jurnal Wasian Terbit Perdana Secara Elektronik Juni 2016

Pelatihan e-journal Untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah menuju WASIAN e-journal

Jurnal Wasian, Penjelmaan Baru Media Publikasi BPK Manado

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline