Lihat ke Halaman Asli

Negeri yang Kaya Raya... Tetapi Banyak yang Hidup Dalam Kegelapan (2)

Diperbarui: 26 Juni 2015   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pusiiing

[caption id="" align="alignleft" width="165" caption="pusiiiing"][/caption]

Problem yang ada di negara ini seperti tak pernah ada tuntasnya, meski sudah 64 tahun merdeka.. tetap saja masih berkutat di masalah yang sama alias itu-itu juga.

Nih, saya coba kasih daftar problemnya ya, paling ngga harapan saya ada yang tersadar bahwa negeri ini memang banyak masalahnya.. dan lagi-lagi saya harus bilang >>> ini masih masalah yang gak tuntas-tuntas. Diantaranya:

1)Problem Kelistrikan,

2)Problem Pendidikan,

3)Problem Kemiskinan,

4)Problem Pengangguran,

5)Problem Ketahanan Pangan,

6)Problem Perhubungan/transportasi,

7)Problem Korupsi,

8)Problem Ekonomi,

9)Problem Hukum

10)Problem Utang Luar Negeri,

11)Silahkan ditambahin sendiri dech.. pasti masih banyak yang bisa dimasukan dalam daftar problem yang ada di negara ini.

Nah, mungkin setelah melihat daftarnya.. baru dech mungkin semua tersadar.. iya ya kok ya ngga ada satu juga yang terselesaikan... ya iya lah masa ya iya donk..(hehehe gak nyambung..)

Mungkin juga masyarakat/penduduk negeri ini masih lebih bisa memaklumi bila saja dalam 64 tahun usia kemerdekaan ini setidaknya ada satu (1) problem yang tertuntaskan, sementara biar dech yang lain belum tuntas.. mungkin masih butuh waktu.. tapi ternyata ngga ada juga khan yang bisa sebutkan satu saja problem yang teratasi itu... gw jamin... paling-paling problem yang teratasi adalah problem melindungi bankir hitam nan jahat seperti “penyelamatan spektakuler” BLBI jilid I dimana Pemerintah waktu itu gak sayang buat gelontorin duit samapi Rp. 600 Trilyun lebih..dan “penyelamatan fantastis” BLBI jilid II semodel Bank Century.. Rp. 6,7 Trilyun juga cepat cairnya... Nah yang kayak gini pasti cepat dech nuntaskannya.. hehehe.. padahal biar saja si RT itu bonyok-bonyok digebukin nasabah yang nagih duit simpanannya...

Saya sih sekarang nih lagi gak niat bahas problem-problem itu.. biar saja tuh Menteri-menteri yang baru mau naik gaji dan naik mobil mewah seharga Rp. 1,8 Milyar itu yang tuntaskan.. iye gak.. masa kerjanya cuma mau minta naik gaji aje.. kerja aja belom.. sudah nuntut naik gaji..

Saya cuma mau bilang, nih tepat seperti yang dibilang Bung Edi Sembiring di artikel sebelum ini (bagian 1).. bahwasanya Indonesia itu gak punya yang namanya “Sustainable Development”.. sorry ye pakai bahasa bule.. maksudnya sih mau bilang .. kita tuh gak punya namanya “Pembangunan Berkelanjutan”.. tiap ganti Presiden, ganti lagi kebijakan, bahkan ada presiden yang malah karya presiden terdahulu di acak-acak.. gak cocok katanya... Tiap ganti Menteri, juga gitu.. ganti lagi kebijakannya.. jangankan itu... tiap ganti tahun pelajaran.. ganti lagi tuh buku pegangannya.. sampai-sampai anak saya yang paling tua gak bisa ngewarisin buku bekas pegangan ke adiknya.. lah gimana mau ngewarisin.. buku pelajarannya saja kata gurunya sudah gak pakai yang lama.. ampun gak loe...!!

Istirohat dulu ach.. biar ntar disambung lagi..

28 Oktober 2009

Boy Rachmad




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline