Lihat ke Halaman Asli

Sosial Media, Sebuah Pilihan untuk Berkembang atau Tidak

Diperbarui: 12 Desember 2018   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Oleh: Peggy Iroth

Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng

Sosial media merupakan salah satu hal yang berkembang sekarang ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir seluruh manusia yang ada terkena pengaruh atau dampak dari sosmed ini. 

Bahkan sekarang sosmed bagi sebagian orang dipandang sebagai kebutuhan utama dalam kehidupan mereka. Pengaruh atau dampak dari sosmed juga mempengeruhi pola pikir dari sebagian besar orang, karena sudah ada pengaruh dari luar diri mereka

Dari cara pemakaian manusia akan sosial media atau sosmed, seperti contohnya facebook, instagram, google, whatsup dan sebagainya, setiap manusia punya maksud tersendri dalam pemakaian sosmed. 

Akan tetapi, secara umum manusia ingin popular atau terkenal atau hanya ingin eksis saja dalam sosmed, dan itu merupakan keinginan manusia pada umumnya dalam mempergunakan sosmed. Memang, sosmed sekarang juga memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, karena dengan sosmed manusia dapat berkembang dan itu tergantung dari cara pemakaian setiap individu yang memakai.

Jika melihat situasi sebelum perkembangan sosmed yang begitu signifikan, banyak dari manusia yang masih mengutamakan kerja sama dengan orang lain, karena masih terpusat pada metode tanya jawab tradisional. 

Namun, jika melihat situasi sekarang ini, maka manusia lebih nyaman jikalau mereka bekerja dengan sosmed dibandingkan bekerja sama dengan orang lain. 

Sekarang ini orang cenderung megandalkan pikiran orang lain lewat internet, daripada pikiran sendiri yang seharusnya terus dilatih dan diasah untuk menambah pengetahuan.karena merupakan sesuatu yang berkembang dengan cepat, sosmed tentunya memiliki dampak bagi manusia, baik positif maupun dampak negatif. 

Salah satu dampak positif yang dirasakan manusia melalui sosmed ini adalah bisa membantu manusia untuk mengetahui secara aktual peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi atau berita-berita baru tentang apa yang sedang terjadi di dunia. 

Sedangkan, dampak negatifnya adalah manusia tidak bisa lagi mementingkan kepentingan bersama, tetapi manusia sekarang cenderung Egosentris dan ingin memuaskan diri secara berlebihan melalui sosmed ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline