Percepatan akses teknologi di era globalisasi menciptakan berbagai perubahan baru, salah satunya adalah kemunculan media baru dengan berbagai keunggulannya(Utami, HA. 2021 h. 8)
New media (media baru) merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah konten yang tersedia dalam berbagai bentuk komunikasi secara elektronik melalui penggunaan teknologi komputer. Media baru adalah media yang terintegrasi atau saling berhubungan (Widodo, Y. 2020 h.13).
Keberadaan media baru memberikan perubahan kegiatan komunikasi manusia menjadi memiliki makna dengan kehadiran media baru, yang dimana proses komunikasi dengan media dapat berubah dari one-way flow hingga multi-way flow.
Dari transmisi penyiaran pesan melalui satu stasiun televisi atau radio ke audiens menjadi penyebaran atau distribusi pesan melalui suatu akun pengguna YouTube kepada multi-pengguna
Media baru menawarkan kemudahan dalam mengakses berbagai hal, yang membuat para penggunanya lebih adaptif serta bersosialisasi secara masif.
Lingkungan baru di dalam media baru memungkinkan terciptanya suatu proses komunikasi yang efisien serta efektif pada berbagai bidang kehidupan (Utami, HA. 2021 h.8-9).
Menurut Manovich (dalam Widodo, Y. 2020 h.13) komputer, telepon, media tunggal, animasi komputer, situs game serta lain sebagainya merupakan contoh dari media baru. Media baru tidak termasuk program televisi (analog), film, majalah maupun buku, kecuali pada media tersebut terkandung unsur teknologi h.13
KEUNGGULAN MEDIA BARU
Media baru mengandung berbagai hal baru yang menjadikannya berbeda dengan media konvensional, diantaranya sebagai berikut (Widodo,Y. 2020 h. 13-14):
- New Textual experiences: hiburan serta pola pengkonsumsian media
- New ways of representing the world: kemungkinan representasional tentang pengalaman baru
- New relationships between subjects and media technologies: penggunaan serta penerimaan gambar serta media yang bisa dimanfaatkan sehari-hari.
- New experiences of the relationship between embodiment identity and community: pergantian dari pengalaman pribadi dan sosial
- New conceptions of the biological body's relationship to technological media: tantangan menerima perbedaan
- New patterns of organization and production: penyusunan kembali serta integrasi dalam berbagai bidang
KARAKTERISTIK MEDIA BARU