Lihat ke Halaman Asli

Bonita S Pratama

PPSDM Geominerba

ASN KESDM Peroleh Informasi Spasial Menggunakan SIG

Diperbarui: 2 Maret 2023   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ASN KESDM Peroleh Informasi Spasial Menggunakan SIG

Dalam menangani data bereferensi geografi, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menyelenggarakan Pelatihan GIS/SIG Tingkat Dasar yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan KESDM.

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama lima hari (20-24 Februari 2023) dengan diikuti oleh 18 peserta.

Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih, dalam memperoleh informasi spasial untuk menjawab atau menyelesaikan suatu masalah dalam ruang muka bumi, ASN di Lingkungan KESDM perlu menggunakan sistem khusus yaitu SIG (Sistem Informasi Geografis) untuk mengolah database yang berisi data referensi geografis dan memiliki informasi spasial dengan mengintegrasikan operasi umum database, seperti query, dan data analisis statistik, dengan kemampuan visualisasi dan analisa.

Sehingga harapannya PPSDM Geominerba kepada ASN yang mengikuti pelatihan tersebut nantinya dapat menghasilkan data bereferensi geografis untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan. (BSP)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline