Lihat ke Halaman Asli

titisragilia

Manajemen'19

Kembangkan Potensi Wisata Mahasiswa PMM UMM Pasang Spot Foto di Pantai Widodaren

Diperbarui: 6 Maret 2022   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Pantai Widodaren Tulungagung di Pagi hari diabadikan oleh Mahasiswa PMM UMM (11/02/22)/dokpri

Pantai Widodaren merupakan pantai di pesisir selatan Tulungagung terletak di Desa Besuki,Kecamatan Besuki,Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini masih dalam tahap pengembangan, tak heran jika area sekitar pantai nampak lahan kosong yang luas. Keberadaanya pun juga masih kurang dikenal oleh masyarakat. Hal tersebut yang menambah nilai dari pantai ini karena terlihat keindahan pantai yang masih alami. Tempatnya yang jauh dari keramaian kota membuat daya tarik tersendiri  untuk memikat pengunjung. Widodaren merupakan salah satu pantai yang menajubkan, memiliki pemandangan pegunungan yang luas dan dapat dinikmati dari sudut manapun. 

Dimasa pandemi sekarang ini membuat pontensi wisata menjadi terbengkalai apalagi seperti halnya pantai widodaren yang kurang dalam pengelolaan membuat rusaknya keasrian akan pantai tersebut. Disamping itu keindahan pantai terhalang oleh banyaknya sampah di sekitar bibir pantai. Gundukan sampah tersebut berasal dari masyarakat yang kurang sadar akan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan sampah sisa dari musim angin yang mulai menumpuk dan memadati area pantai, sampah ini kebanyakan didominasi oleh sampah plastik. Banyaknya sampah melatarbelakangi Mahasiswa PMM untuk melakukan kegiatan bersih pantai. Kegiatan peduli lingkungan dimaksudkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan pantai.  

Tak hanya itu saja program yang dijalankan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.  Mahasiswa PMM juga melakukan pengembangan potensi wisata dengan membuat spot foto untuk menambah daya tarik pantai.

PMM atau Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa adalah kegiatan perkuliahan dalam melakukan pengabdian masyarakat dengan tujuan mengembangan potensi di desa tertentu. Mahasiswa PMM Kelompok 24 Gelombang 2  mengembangkan potensi Desa di Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Salah satu program kerja dari kegiatan PMM UMM tahun 2022 adalah mengembangkan potensi wisata dengan mengelola spot foto di Wisata Pantai Widodaren sehingga lebih instagramable dan nantinya dapat menarik wisatawan.

Proses pemasangan papan nama Pantai Widodaren Oleh Mahasiswa PMM UMM Kelompok 24 Gelombang 02/dokpri

Program kerja ini dilaksanakan secara langsung oleh Mahasiswa PMM dari tahap persiapan sampai dengan pemasangan. Tahapan pertama yaitu persiapan alat dan bahan-bahan pembuatan spot foto yang dilaksanakan hari Kamis, 10 Februari 2022 dengan mengumpulkan bahan dan alat berupa kayu setinggi kurang lebih 50 cm sebanyak 2 buah, papan kayu, cat/ pewarna, kuas, tiner, gergaji, penggaris, dan pensil. Setelah persiapan selesai Mahasiswa melakukan kegiatan dengan melukis papan dengan cat kayu yang dilapisi dengan pernis agar awet dan menuliskan nama pantai serta membuat petunjuk arah. 

Hari Jum'at, 11 Februari 2022 dilaksanakan tahap kedua pemasangan spot foto di Pantai Widodaren. Sebelum pemasangan lokasi penempatan spot foto ini sudah didiskusikan dan ditentukan terlebih dahulu. Pemasangan spot foto dilakukan oleh 5 orang Mahasiswa berupa bentuk papan tulisan pantai dan petunjuk arah, hal ini dilakukan karena diarea sekitar pantai tidak terdapat nama pantai dan petunjuk arah menuju lokasi. Pada konsep pembuatan spot foto ini menggunakan bahan dasar kayu yang dibentuk persegi panjang sesuai papan nama pada umumnya. Alasan pemilihan bahan dasar tersebut agar tetap kokoh dan supaya lebih menyatu dengan alam.  

dokrpi

dokpri

Tahapan pemasangan spot foto dilakukan dengan mengali terlebih dahulu untuk menancapan kerangka spot foto yang sudah dibuat, setelah proses penggalian selesai kerangka tersebut ditancapkan ke dalam pasir dan selanjutnya memasang papan tulisan pantai. Tahap berikutnya melakukan pemasangan petunjuk arah pantai, papan pentunjuk arah tersebut dipasang di dekat tebing pantai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline