Lihat ke Halaman Asli

Negara Eropa Dominasi Piala Dunia Wanita 2019, Prancis Hadapi Laga Berat

Diperbarui: 26 Juni 2019   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : instagaram @equipedefrance

Piala Dunia Wanita 2019 atau FIFA Women's World Cup France 2019 telah menyelesaikan babak 16 besar. Dari 8 negara yang tersiasa, 7 negara didominasi negara Eropa, hanya satu negara yang berasal dari luar Eropa, Yaitu Amerika Serikat. 

7 negara tersebut adalah Norwegia, Inggris, Italia, Belanda, Jerman, Swedia dan tuan rumah Prancis. Pertandingan babak perempat final mempertemukan Inggris vs Norwegia, Italia vs Belanda, Jerman vs Swedia, dan Prancis vs Amerika Serikat.  Babak perempat final akan digelar Jumat diinihari (28/06/2019) WIB hingga Sabtu (29/06/2019).

Pertandingan Prancis vs Amerika Serikat diperkirakan paling menyita banyak perhatian. Pasalnya, pertandingan ini mempertemukan tuan rumah yang didukung publik sendiri berhadapan juara bertahan sekaligus unggulan terkuat dalam piala dunia kali ini. 

Asa tim wanita Prancis ini tinggi untuk menacapai prestasi tertinggi menjuarai piala dunia wanita yang ingin  mencontoh tim sepakbola pria yang 21 tahun yang lalu juga pernah menjuarai piala dunia di tanah sendiri dan juga mengawinkan gelar yang sebelumnya sudah diraih tim sepakbola pria Prancis di Rusia tahun lalu. 

Untuk mencapai itu, Prancis haruslah melewati ujian yang sesungguhnya melawan Amerika Serikat, juara piala dunia wanita 3 kali sekaligus juara bertahan. 

Selain itu, Prancis juga dihadapkan dengan kutukan sebagai negara tuan rumah yang gagal lolos ke fase semifinal. Hal ini semakin menguat setelah pada dua edisi terakhir piala dunia wanita digelar. 

Pada Piala dunia 2011, Jerman sebagai tuan rumah ditaklukan Jepang. Kemudian, giliran Kanada yang bernasib sial gagal lolos ke semifinal usai ditundukkan Inggris 1-2. 

Dalam sepakbola tidak ada yang tidak mungkin di atas lapangan hijau, semua masih mungkin terjadi selama 90 menit atau selama perpanjangan waktu atau bahkan selama adu penalti. 

Begitu pun juga Prancis, yang tak tertutup kemungkinan memberikan kejutan kepada juara bertahan, Amerika Serikat. Dukungan publik Prancis akan memberikan yel-yel "Allez Les Bleus" dan semangat yang berlebih bagi tim wanita Prancis. Pertandingan Prancis berhadapan Amerika Serikat akan dilangsungkan di stadion Parc Des Princes, Sabtu dinihari (29/06/2019) pukul 02.00 WIB.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline