Dunia pendidikan terus berlari. Setiap zaman perlu penyesuaian. Beradaptasi atau berinovasi lekat dengan dunia pendidikan. Pun, dalam mendidik guru perlu berkreasi dengan metode dan media ajar yang dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Dunia terus bergerak maju. Guru perlu berinovasi agar siswa dapat menjadi subyek pembelajaran. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, penting bagi guru untuk menciptakan media ajar yang tidak hanya membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran, tetapi juga membuat mereka menikmati proses belajar.
Salah satu pendekatan yang kini semakin populer adalah mendesain purwarupa (prototipe) media ajar sebelum implementasi penuh di kelas. Peserta pelatihan Guru Kreatif Cerdas Finansial yang terselenggara berkat kerjasama Bank BTPN dan Yayasan Guru Belajar kembali mendapat penyegaran ilmu dari Anggayudha Rasa. Beliau merupakan Narasumber Pengembang Kurikulum IPA dan IPAS Kemdikbud RI.
Selama sesi berlangsung beliau mengungkapkan betapa penting merancang purwarupa? Dengan menggunakan purwarupa, guru dapat mengeksplorasi berbagai cara penyajian materi yang lebih interaktif dan relevan dengan kebutuhan siswa.
Sebelum purwarupa digunakan dalam pembelajaran sebaiknya guru mengadakan uji coba terbatas. Lalu, diadakan evaluasi terhadap kekurangan dari purwarupa tersebut, sebelum purwarupa media ajar digunakan secara luas.
Purwarupa yang telah diujicobakan dan mendapat perbaikan kelak menjadi media ajar yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat mereka lebih terlibat, dan pada akhirnya membantu mereka mencapai hasil belajar yang optimal.
Inovasi atau Punah
Purwarupa media ajar juga memberi ruang bagi guru untuk berinovasi. Dalam proses desain, guru dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi atau pendekatan gamifikasi yang membuat pengalaman belajar menjadi menyenangkan. Dengan melibatkan siswa dalam evaluasi purwarupa, guru dapat memeroleh masukan berharga tentang apa yang disukai dan kurang disukai siswa sehingga meningkatkan relevansi dan daya tarik media ajar untuk pembelajaran.
Oleh karena itu, penting bagi para guru untuk melibatkan diri dalam proses mendesain purwarupa media ajar. Dengan langkah ini, guru tidak hanya berfokus pada pencapaian tujuan pembelajaran, tetapi juga memastikan bahwa siswa menikmati setiap proses belajar serta menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis dan produktif.
ogan/ DokPri