Lihat ke Halaman Asli

Bona Ventura Ventura

Kontributor buku antologi: Presiden Jokowi: Harapan Baru Indonesia, Elex Media, 2014 - 3 Tahun Pencapaian Jokowi, Bening Pustaka, 2017 | Mengampu mapel Bahasa Indonesia, Menulis Kreatif, dan media digital

Inspirasi Mendidik Vygotsky di Era Pandemi

Diperbarui: 5 Mei 2020   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemelajaran Kolaboratif - Foto DokPri

Inspiratif. Produktif menulis. Itu semua lekat dengan salah satu dosen UNJ (Universitas Negeri Jakarta) yakni alm. J.D Parera. Dalam mata kuliah psikolinguistik ia mengupas tentang ahli psikologi dari Rusia, Lev Vygotsky.

Beliau menyampaikan kekaguman bahwa Rusia adalah salah satu negara maju dalam beragam bidang, termasuk pendidikan. Namun beliau menyesal karena tidak mampu mengakses ragam buku ilmu pengetahuan yang berbahasa Rusia. Andai beliau mampu menguasai bahasa Rusia, sudah lebih banyak beliau menulis buku tentang kependidikan, lingustik, dan filsafat.

Kisah suksesnya dalam menulis amat menyenangkan. Buku-bukunya diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, Erlangga, dan Grasindo. Beliau selalu menyemangati para mahasiswanya untuk mencoba belajar bahasa Rusia hingga lambat laun mampu membaca ragam buku dari Rusia.

Inspirasi Hingga Kini

Sejak perkuliahan psikolinguistik tersebut, penulis jadi semakin menyukai ragam buku dari penulis Rusia. Salah satu yang membekas hingga kini adalah Vygotsky

Psikolog yang berasal dari Rusia dan hidup pada masa revolusi Rusia mewariskan banyak pemikiran dalam bidang psikologi, pendidikan, dan kebahasaan.

Pemikiran Vygotsky dalam psikologi, pendidikan, dan kebahasaan, penulis gunakan dalam keseharian mengajar dan mendidik para murid. Penulis diberikan kepercayaan untuk mengampu pelajaran bahasa Indonesa, kepenulisan kreatif, dan media digital di sebuah SMP swasta di Serpong, Tangerang.

Dalam keseharian pembelajaran penulis menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Mengapa penulis memilih metode tersebut? Pilihan tindakan tersebut, penulis lakukan dengan berpedoman pada pemikiran Vygotsky bahwa pengetahuan ilmiah anak terbentuk dari proses relasi anak dengan lingkungan sekitar.

Saat merasakan nyaman maka mereka secara perlahan berani mengungkapkan pengetahuan melalui bahasa. Dalam proses ini bahasa memegang peranan yang sangat penting. Saat berkomunikasi melalui bahasa, para murid sudah berhasil menyinkronkan antara pemikiran dan bahasa.

Pemelajaran Luar Ruang - Foto DokPri

Bahasa Dalam dan Bahasa Luar

Vygotsky membagi dua bentuk berbahasa, yakni bahasa dalam dan bahasa luar. Bahasa dalam adalah proses berbahasa dalam benak pikiran seseorang. Sedangkan, bahasa luar adalah bahasa yang sudah dikomunikasikan dengan orang lain. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline