Lihat ke Halaman Asli

Masbom

Suka cerita horor

Tidak Semua Harus Diomongkan

Diperbarui: 4 Januari 2023   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Diary ..., sudah lama aku tidak menyapamu. Kebetulan di awal tahun baru ini aku punya sedikit unek-unek untukmu, hehe ...

Pagi tadi saudaraku lewat di depan rumah tetangga sebelah sambil membawa galah (pipa panjang untuk mengambil buah). Saat itu si empunya rumah sedang menjemur pakaian di halaman. Dia memperhatikan saudaraku kemudian bertanya, "Untuk apa?"

Dijawab, "Entahlah! Cuma disuruh bapak."

Kebetulan aku sedang di luar rumah juga. Aku lagi membersihkan halaman depan dan mendengar percakapan singkat itu. Sesaat kemudian saudaraku berlalu dan lewat di depan rumahku.

Dia kutanya dengan kalimat yang sama, "Untuk apa?"

Dia tersenyum sambil menjawab lirih, "bapak mau ambil sukun ...."

"Ooo ...," sahutku sambil menganggukkan kepala.

Dua jawaban yang berbeda. Memangnya tidak semua harus di omongkan, ya Diary? Ada yg harus disimpan meski itu dengan tetangga sendiri, begitu. Mungkin ini terlihat sepele tapi terkadang sulit.

Aku pikir-pikir lagi, mungkin ada benarnya juga saudaraku itu. Memang sih, ada yang harus dijaga, agar tetangga, orang lain atau netizen tidak harus tahu semua yang akan kita lakukan.

Diary ..., kamu juga harus bisa memilah dan memilih apa yang harus disampaikan terkait dengan sesuatu yang sedang atau akan kita lakukan. Dan itu bisa saja berhubungan dengan etika hidup dalam masyarakat. Tapi aku tidak tahu apa yang menjadi alasan dia memberikan dua jawaban yang berbeda itu. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline