Lihat ke Halaman Asli

Bokashi Indonesia

PT Karya Pak Oles Tokcer

7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami, Mudah, dan Aman

Diperbarui: 30 Agustus 2022   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami/freepik.com

Memasuki musim hujan membuat kamu harus waspada dengan penyakit nih. Ya, biasanya musim hujan ini dikaitkan dengan menurunnya daya tahan tubuh. Ada berbagai penyakit yang sering menyerang saat musim hujan. Kebanyakan penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Karena itu, penting buat kamu untuk mengetahui cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang mudah dan aman.

Penyakit seperti flu dan batuk sering terjadi saat musim hujan. Virus semacam ini akan mudah menyerang saat tubuh kamu Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus tentunya akan mempengaruhi sistem kekebalan dalam tubuh dan mengakibatkan imunitas dan daya tubuh menjadi lemah. Karena itu, penting buat kamu untuk tahu cara meningkatkan imun tubuh di musim hujan seperti ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 cara meningkatkan imun tubuh secara alami, terutama di musim hujan supaya kamu nggak mudah sakit.

1. Rajin minum air mineral

Konsumsi air mineral sangat penting bagi tubuh. Kandungan yang terdapat dalam air mineral dapat membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Diketahui air mineral mengandung beberapa senyawa aktif yang baik bagi kesehatan tubuh. Air mineral mengandung silika yang berfungsi untuk menjaga keutuhan dan kinerja pembuluh darah dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit aterosklerosis. 

Air mineral juga mengandung senyawa magnesium dan kalsium, natrium dan kalium, hingga zink dan selenium yang membantu untuk mengatur keseimbangan cairan dan fungsi sel serta menjaga fungsi saraf yang mengendalikan jantung. Selain mencegah dehidrasi, air mineral juga dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Pada umumnya, manusia membutuhkan minimal 6 gelas sehari. Namun hal ini juga tergantung dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing.

Rajin minum air putih juga penting saat kamu terserang flu. Jika kamu sedang pilek, minum air mineral bisa membantu mengencerkan lendir di saluran pernafasan. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk mengeluarkan lendir tersebut.

2. Makan makanan yang bergizi

Untuk menjaga daya tahan tubuh, pastikan kamu makan makanan bergizi seimbang. Banyak yang mengatakan bahwa kita diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna agar gizi yang didapatkan oleh tubuh seimbang. Lengkapi hidangan dengan sayur, buah, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Nutrisi yang seimbang dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh kamu. Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga imun tubuh kalian di musim hujan, antara lain : 

1. Yogurt 

Kandungan yang terdapat pada yogurt dapat dijadikan sebagai salah satu opsi makanan yang dapat menjaga sistem imun pada tubuh karena menurut beberapa studi penelitian yang dilakukan, 70% sistem imunitas pada tubuh seseorang terletak pada usus dan sistem pencernaan. Yogurt dapat dijadikan sebagai makanan yang dapat mencegah penyakit flu karena memiliki kandungan probiotik yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. 

2. Ikan salmon 

Kandungan omega 3 yang ada pada ikan salmon nyatanya dapat membantu mencegah penyakit flu di masa musim penghujan tiba. Ikan salmon berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang mampu untuk mencegah infeksi bakteri yang masuk kedalam tubuh. 

3. Teh 

Minum teh hangat di musim penghujan memang terasa menghangatkan badan. Nyatanya konsumsi teh hangat di musim hujan dapat membantu mencegah penyakit flu. Biasanya terdapat beberapa kandungan teh yang memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh dan melindungi dari serangan penyakit. Beberapa teh yang kaya akan antioksidan dapat kalian temukan di sini

4. Brokoli 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline