Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia merupakan salah satu mata kuliah selektif yang didapatkan dalam perkuliahan PPG Prajabatan Gelombang 1 2024. Pada topik 4 akan memperdalam tentang Pembelajaran pada 'Zone of Proximal Development (ZPD)'. Pada laman aksi nyata di topik 4 diberikan tugas sebagai berikut.
"Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya."
Berikut akan dipaparkan jawaban atas tugas di atas dengan panduan pertanyaan yang ada di LMS (Learning Management System).
M - MULAI DARI DIRI
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Jawaban : Sebelum memulai pembelajaran ini, saya memikirkan tentang konsep umum Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) serta pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dalam konteks ZPD.
E - EKSPLORASI KONSEP
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawaban : Saya mempelajari bahwa ZPD adalah konsep yang diperkenalkan oleh Lev Vygotsky dalam teori perkembangan kognitif anak. ZPD merujuk pada area antara apa yang bisa dilakukan siswa secara mandiri dan apa yang tidak bisa mereka lakukan tanpa bantuan. Konsep ini mencakup kemampuan kognitif anak yang sedang berkembang dan tingkat kinerja mereka dengan bantuan dari orang yang lebih ahli. Dalam pembelajaran, ZPD dapat diterapkan melalui strategi scaffolding, yaitu memberikan bantuan bertahap kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
R - RUANG KOLABORASI
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?