Lihat ke Halaman Asli

Ibrohim Fathurrosi

Universitas Sebelas Maret

Refleksi Topik 3 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia (Aksi Nyata)

Diperbarui: 3 Juli 2024   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia merupakan salah satu mata kuliah selektif yang didapatkan dalam perkuliahan PPG Prajabatan Gelombang 1 2024. Pada topik 3 akan memperdalam tentang Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran. Pada laman aksi nyata di topik 3 diberikan tugas sebagai berikut.

"Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya."

Berikut akan dipaparkan jawaban atas tugas di atas dengan panduan pertanyaan yang ada di LMS (Learning Management System).

M - MULAI DARI DIRI

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawaban : Sebelum memulai pembelajaran pada topik 3 tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, pemahaman saya terhadap materi ini masih terbatas. Saya perlu belajar lebih banyak tentang pendekatan strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang berdasarkan keempat perspektif ini. Saya awalnya mengira topik ini hanya akan membahas hubungan keempat aspek tersebut dengan pembelajaran, namun saya menyadari bahwa ada banyak materi yang perlu saya pelajari, terutama mengenai pengaruh mereka dan interaksi sosial dalam konteks pembelajaran. 

E - EKSPLORASI KONSEP

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Jawaban :  Melalui materi ini, saya belajar tentang konsep analisis pendekatan strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya menyadari pentingnya mempertimbangkan keempat aspek ini dalam merancang kegiatan pembelajaran. Selain itu, saya juga eksplorasi konsep teori sosiokultural Vygotsky yang menekankan peran interaksi sosial dalam pembelajaran, yang membantu saya memahami bagaimana hubungan sosial dapat mempengaruhi proses belajar. 

R - RUANG KOLABORASI

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline