Lihat ke Halaman Asli

Bogi Periklas

Penulis Esai

Saripati LAER dan Jangan Begadang, Resolusi Sehatku Untuk Tahun 2022

Diperbarui: 19 Januari 2022   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Photo : ultimagz.com

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.”

Demikian sepotong lirik lagu yang dinyanyikan pengamen jalanan. Di sebuah pelataran parkir café, tempat kami berempat nongkrong malam itu.

Acara nongkrong kali ini, bisa dibilang cukup istimewa. Karena ini pertama kalinya di tahun 2022. Pembicaraan terasa cukup hangat, ketika tiba-tiba Anton melontarkan satu pertanyaan kepadaku.

“Resolusi loe buat tahun 2022 apa, Gi?” tanya dia.

Pertanyaan tersebut cukup membuatku tersentak. Maklum saja, aku bukan tipe orang yang suka membuat resolusi. Baik itu resolusi akhir tahun, awal tahun, atau resolusi apapun, tak pernah ada dalam pikiranku. Bagiku, hidup ini ya dijalankan mengalir saja.

“Ngapain juga bikin resolusi. Lihat aja tuh si Bardi. Tiap tahun bikin resolusi mau diet. Tapi kok ya, tetap aja gemuk,” demikian pikirku.

Nampaknya teman-temanku mengerti, akan keenggananku untuk membuat resolusi. Mereka pun mulai mendesakku. “Ayolah Gi, sekali-sekali bikin dong resolusi awal tahun. Biar hidup loe, di tahun ini semakin bermakna,” demikian seru Amin dengan gaya sok puitisnya.

Setelah berpikir sejenak, aku pun berkata, “Ok, gue mau ngurangin begadang.” Begitu mendengar resolusiku tersebut, sontak mereka pun tertawa.

“Wah, resolusi loe kok berat banget sih. Elu kan doyan begadang, karena hobi nulis loe, Gi!!!” demikian seru Bardi.

Sambil tersenyum, akupun bisa memaklumi keraguan teman-temanku itu. Memang benar, hobi menulis itulah yang membuatku selalu begadang. Biasanya, aku selalu menyempatkan paling tidak satu jam dalam sehari, untuk menulis. Dan itu biasanya dimulai pada sekitar jam 12 malam.

Entah mengapa, bagiku semua ide-ide di kepala, dan ditambah lagi dengan keheningan malam, seolah menjadi ramuan paling mujarab untuk bisa menghasilkan suatu karya tulis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline