Lihat ke Halaman Asli

Uci Olyv

blogger, mommy

Jangan Takut Deteksi Dini Kanker

Diperbarui: 21 Maret 2018   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan adalah segalanya, apalagi untuk seorang wanita yang harus selalu sehat karena harus mengurus anak-anak dan suaminya.

Wanita dengan segala kelebihannya, dibalik itu memiliki banyak penyakit yang bisa saja menyerang daya tahan tubuhnya. Penyakit yang selalu menakutkan bagi setiap wanita salah satunya adalah Kanker, yang bisa menyerang siapa saja, wanita karier maupun ibu rumah tangga.

8 Maret 2018 lalu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 1 PWHC dan memperingati Hari Perempuan Internasional, Ladiesiana mengadakan kegiatan yang membahas Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Wanita yang menghadirkan Dr dr Raditya Wratsangka Sp.OG (K) sebagai nara sumber.

Acara dimulai dengan pengenalan mengenai Prodia Woman Health Center, yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai salah satu wujud syukur atas kehadiran Prodia Woman Health Center yang akan lebih banyak lagi membantu orang dalam mengatasi penyakit yang dialami wanita.

Kanker yang bisa dialami wanita sangat banyak seperti payudara,rahim, dan masih banyak lagi lainnya. Kanker adalah sel tubuh yang mengalami mutasi (perubahan) dan tumbuh tidak terkendali dan membelah dengan lebih cepat.

Sel kanker tidak mati setelah usianya cukup, namun akan terus tumbuh dan menyerang sel normal. Kanker faktanya merupakan penyebab kematian no 2 di dunia, diperkirakan 7.5 juta orang meninggal karena kanker, dan 70% kematian terjadi di negara miskin dan berkembang.

Kanker itu bisa di deteksi secara dini, namun terkadang rasa malu, takut dan kurang nyaman menghampiri saat saya ingin melakukan tes dini. Kanker payudara, paru,serviks, hati, kolorektal, dan prostat adalah kanker yang bisa di deteksi.

Banyak faktor penghambat seseorang melakukan deteksi dini diantaranya : menutupi kelaianan dengan pakaian, takut dengan hasilnya, kurangnya biaya dan pengetahuan, dokterpun terkadang belum cancer minded, enggan merujuk, kurang sarana diagnostik, terapi, tenaga ahli dan adanya kesalahan informasi kanker di media seperti iklan pengobatan alternatif di media, kesalahan informasi di internet.

Gejala umum kanker :

W= waktu BAK/BAB ada perubahan

A= alat pencernaan terganggu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline