Lihat ke Halaman Asli

achmad soheh

Divisi Bisnis dan IT ( information technology)

Implementasi CRM dalam Bisnis, Cara Smart Perusahaan untuk Memaksimalkan Potensi Customer

Diperbarui: 29 September 2020   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Barantum

Bicara soal customer, maka kita bicara soal aset. Dimana saat ini pada saat Indonesia sedang mengalami pandemi covid19 sehingg sulit untuk mendapatkan customer baru, maka customer lama bisa di optimalkan dengan sistem yang di miliki perusahaan. 

Namun yang jadi pertanyaan sekarang, terkait optimalisasi customer untuk meningkatkan profit/ revenue bagi perusahaan bukan seperti membalik telapak tangan.   Ada  beberapa hal yang menjadi dasar agar sebuah perusahaan bisa mengoptimalkan data base customer bagi peningkatan profit/ revenue secara berkesinambungan.

Setidaknya ada 3 hal penting yang menjadi acuan bagi perusahaan ketika manajemen ingin mengoptimalkan database customer untuk meningkatkan profit/revenue:

(1)  Data yang tersedia harus bisa menjelaskan  karakter dan ciri khas dari customer yang bersangkutan (2) Data yang ada harus menyimpan historical customer, sehingga bagaimana cara melayani dan bagaimana kondisi customer bisa diantisipasi dengan baik (3) Sejauh mana customer menjadi mitra bisnis yang  baik bagi perusahaan. Karena jika  ketiga hal tadi tidak bisa di jawab dengan baik mustahil database customer yang di miliki perusahaan bisa menjadi potensial customer di era new normal atau di masa low touch economy.

Sebenarnya untuk mengoptimalkan  keberadaan customer bisa di lakukan dengan beberapa cara. Dimana salah satu cara yang saat ini dilakukan oleh hampir semua jenis industri adalah apa yang di namakan  CRM ( Customer Relationship Management).  

Sebuah aplikasi bisnis yang akan menjadikan bisnis sebuah perusahaan menjadi lebih tertata dan terkelola dengan baik.  Sekedar mengingatka  bahwa sejatinya CRM itu bukan hanya tools , tapi CRM adalah media atau strategi bisnis yang jitu bagi hampir semua jenis industri.

Jika kita coba melihat  lebih dalam dari implementasi CRM dalam sebuah perusahaan. Maka  ada sekitar 5 hal yang akan membuat hidup kita jadi lebih baik:

(1) Kemampuan CRM sebagai sebuah tools bisa di gunakan untuk mendapatkan customer baru. Dan bukan itu saja, CRM juga bisa di gunakan untuk mendapatkan customer baru dengan bantuan media promosi. 

(2) Kehandalan CRM  yang produknya bersifat dinamis.  Pada akhirnya  tools ini bisa di gunakan untuk meningkatkan value dari customers.  Caranya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan CRM untuk melakukan Up Selling dan Cross Selling  bagi perusahaan.

(3) CRM sebagai sebuah tools,  atau media  interaksi dan komunikasi bisa  menjadi perantara antara CRM dengan customer. Sehingga dengan fungsinya seperti itu membuat CRM sebagai media untuk membantu dalam hal melakukan hubungan baik dengan customer yang sudah ada.   Jika kondisi ini di jalankan, maka satu hal yang mesti di lakukan oleh perusahaan adalah berikan kepada customer satu layanan  terbaik bagi customers.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline