Lihat ke Halaman Asli

Yogyakarta Berduka

Diperbarui: 21 November 2015   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption caption="Wafat pada Sabtu (21/11/2015) pukul 15:10 WIB"]

Wagub DIY Meninggal Dunia

Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam IX dikabarkan meninggal dunia sekitar pukul 15:15 WIB di RSUP dr Sardjito, Yogyakarta pada Sabtu (21/11/2015).

Setelah dirawat 5 hari di ruang ICU karena sakit yang dialami dan akhirnya Tuhan memanggil beliau diusianya yang ke-87 tahun. Almarhum meninggalkan 3 orang putera dari pernikahannya pada tahun 1966, yaitu Wijoseno Hariyo Bimo, Hariyo Seno, dan Hariyo Danardono serta seorang isteri yang bernama Koesoemarini.

Almarhum adalah seorang Adipati pertama dari Pakualaman yang ditahtakan setelah Indonesia merdeka, KPH Ambarkusumo dinobatkan sebagai KGPAA Paku Alam IX Pada 26 Mei 1999 menggantikan ayahnya Paku Alam VIII. Dan pada tahun 2003 almarhum diangkat menjadi wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2003-2008, mendampingi Hamengkubuwono X sebagai gubernur DIY.

Persiapan Jauh Hari Bagi Putera Mahkota

Pada tahun 2012 Pakualam IX telah menunjuk putera sulungnya, Kanjeng Bendara Pangeran Haryo Prabu Suryodilogo sebagai putera mahkota yang akan meneruskan tahta kepemimpinan serta menjalankan ketataprajaan Kadipaten Pakualaman. Disini menunjukan bahwa Almarhum telah memiliki persiapan yang baik serta regenerasi yang matang untuk menggantikan dirinya yang dimana mekanisme tersebut berbeda seperti pengankatan dirinya setelah Ayah almarhum wafat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline