Backlink merupakan salah satu komponen penting dalam strategi SEO. Sudahkah benar melakukan optimasi backlink pada website?
Secara umum, pengertiaan backlink adalah memberikan link atau tautan ke situs lain dengan anchor text tertentu. Jenis backlink yang sering dipakai yaitu membuat link dofollow dan nofollow. Oleh karena itu, dalam artikel pembahasan ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu link nofollow dan dofollow.
Bicara soal backlink, ada dua atribut yang membedakan antara satu backlink dengan yang lain, yakni backlink dofollow dan backlink nofollow. Lantas apa saja perbedaan dan peran keduanya dalam hal optimasi SEO? Simak sampai akhir artikel agar tidak salah penerapan!
Apa Itu Link Dofollow?
Link Dofollow adalah backlink yang mengijinkan robot mesin pencari untuk menelusuri sekaligus mengindex tautan yang kita berikan terhadap website orang lain. Dengan kata lain, Anda seakan memberikan referensi bahwa website tersebut memiliki kualitas baik dan layak untuk diketahui oleh orang lain. Backlink jenis inilah yang banyak dicari oleh pemilik website untuk melakukan optimasi di SERP Google.
Keunggulan Link Dofollow
Karena memperbolehkan robots web crawler untuk menelusuri tautan sampai keluar, link dofollow berperan penting dalam membantu meningkatkan ranking website. Terutama jika memperoleh link dofollow dari situs-situs besar seperti dengan domain authority yang tinggi.
Kekurangan Link Dofollow
Bagaikan pisau bermata dua, link dofollow juga berpotensi menurunkan ranking website kita. Hal ini bisa terjadi jika website Anda mendapatkan backlink dofollow dalam jumlah besar dari situs-situs spam. Antisipasinya adalah dengan selalu memantau link yang mengarah ke website, pastikan bukan berasal dari website spam atau yang dilarang oleh Google.
Sedangkan apa bedanya antara link dofollow dengan nofollow?