Lihat ke Halaman Asli

Ruang Berbagi

TERVERIFIKASI

🌱

Mengemas Ajakan Secara Berkelas, Apresiasi Karya Lilia Gandjar

Diperbarui: 8 Maret 2022   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengemas ajakan secara berkelas, apresiasi karya Lilia Gandjar - Avel Chuklanov on Unsplash

Menebarkan kebaikan melalui tulisan adalah sebuah panggilan jiwa setiap insan. Inilah yang disadari pula oleh Ibu Lilia Gandjar melalui artikelnya "Untuk Saya Membaca Itu Penting, Bagaimana untuk Anda?".

Karya yang diunggah akun Inspirasiana Kompasiana ini adalah ajakan berkelas untuk mencintai budaya literasi. Ibu Lilia merelakan artikel ini untuk dibedah dan diberi masukan oleh Ruang Berbagi. 

Daya tarik artikel ini

Ibu Lilia berhasil menarik minat pembaca yang singgah di artikel ini dengan sejumlah teknik menulis yang baik. Saya mengamati setidaknya ada dua teknik membuka sebuah tulisan yang telah Ibu Lilia aplikasikan:

Pertama, penggunaan kata mutiara

Quote atau kata mutiara adalah salah satu cara menarik perhatian pembaca di awal tulisan. Ibu Lilia telah memakai kata mutiara dari Seph Fontane Pennock.

Catatan kecil, bagi saya lebih baik bila kutipan ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia meskipun tentu nuansa aslinya berubah ketika diterjemahkan. 

Khalayak pembaca belum tentu memahami bahasa Inggris dengan baik. Solusinya, kita bisa mencantumkan versi asli dan terjemahan sekaligus. 

Umpama: 

Naskah Ibu Lilia:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline