Lihat ke Halaman Asli

Ruang Berbagi

TERVERIFIKASI

🌱

5 Kiat Promosi Buku dan Tulisan Media Daring, Penulis Wajib Tahu

Diperbarui: 6 Januari 2022   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

5 kiat promosi buku dan tulisan media daring - Photo by Austin Distel on Unsplash

Apakah tugas seorang penulis selesai ketika ia selesai menulis dan menyunting? Ya dan tidak. "Ya" karena tugas inti seorang penulis adalah menulis dan melakukan swasunting. 

"Tidak" karena nyatanya penulis kadang juga bertugas mempromosikan tulisan buah penanya. 

Tugas ini terutama ditanggung para penulis yang merintis langkah awal dengan penerbitan mandiri karya-karyanya. Juga oleh narablog atau blogger. 

Melelahkan tetapi Sangat Diperlukan

Saya mengakui, tugas mempromosikan tulisan sungguh melelahkan. Apalagi jika dikerjakan sendiri di tengah kesibukan. Beruntunglah pada penulis yang dibantu orang lain dalam mempromosikan karya tulisnya. 

Akan tetapi, kegiatan promosi tulisan sangat perlu dilakukan. Alasannya utamanya, promosi tulisan adalah wujud penghargaan atas karya sendiri. Selain itu, promosi tulisan bermanfaat bagi sasaran pembaca karya yang tentu akan memetik hikmah dari karya penulis. 

5 Kiat Promosi Buku dan Tulisan yang Perlu Diketahui Setiap Penulis

1. Menentukan sasaran pembaca 

Siapa pembaca yang kemungkinan besar senang membaca buku dan atau artikel kita? Semakin besar ceruk pembaca, semakin mudah kita mempromosikan karya tulis kita. 

Kelompok umur mana? Bagaimana tingkat pendidikan dan ekonomi pembaca? Kelompok hobi apa? Dari daerah mana? Dari profesi apa? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline