Lihat ke Halaman Asli

Ruang Berbagi

TERVERIFIKASI

🌱

Boleh Nggak, sih, Copas Unggahan Medsos Orang Lain? Ini Lima Etikanya

Diperbarui: 6 Mei 2021   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi copas unggahan medsos orang lain - piqsels.com

"Wah, bagus sekali tulisanmu ini tapi kayaknya aku pernah baca. Hmm...di mana, ya?"

Ehem...ehem...pernahkah Anda membaca komentar seperti itu di media sosial seseorang atau mungkin bahkan medsos sendiri? Tentu bisa jadi pertanyaan ini ditanggapi dengan santai.

Akan tetapi, bisa jadi pertanyaan seperti di atas menimbulkan rasa malu karena kita memang nyatanya cuma copas atau copy paste (salin tempel) unggahan dari medsos orang lain. Yah...ketahuan deh!

Fenomena copas atau salin tempel unggahan medsos ini menimbulkan pertanyaan: sejauh mana unggahan medsos menjadi hak cipta penulis aslinya? Bolehkah kita copas unggahan medsos orang lain? Apa saja syarat dan etikanya?

Unggahan medsos pun berhak cipta

Sejatinya unggahan medsos pun adalah hak cipta penulis aslinya. Hal ini diatur juga dalam Undang-undang Hak Cipta No 28 Tahun 2014.

UUHC Pasal 1 antara lain menyatakan bahwa:

Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pencipta adalah seorang atau beberapa orang yang secara sendiri-sendiri atau bersama-sama menghasilkan suatu ciptaan yang bersifat khas dan pribadi.

Ciptaan adalah setiap hasil karya cipta di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang dihasilkan atas inspirasi, kemampuan, pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang diekspresikan dalam bentuk nyata.

Pemegang Hak Cipta adalah Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta, pihak yang menerima hak tersebut secara sah dari Pencipta, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut secara sah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline