Lihat ke Halaman Asli

Bob S. Effendi

Konsultan Energi

Inovasi Kunci Menjadi Bangsa Pemenang

Diperbarui: 6 Desember 2017   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia harus berani berinovasi

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia sedang bersaing dengan bangsa lain untuk itu harus terbuka dan berani berinovasi untuk menjadi bangsa pemenang. 

Itulah yang di sampaikan oleh Presiden pada Kovensi Nasional Indonesia Berkemajuan di Jogyakarta pada tanggal  23 Mei 2016. Seharusnya pidato tersebut menjadi wake-up call untuk beberapa kementerian dan lembaga untuk tidak lagi business-as-usual, tapi sayangnya himbauan Presiden tersebut tidak gayung bersambut. 

Presiden menyadari sekali bahwa hanya melalui tantangan inovasi sebuah bangsa menjadi bangsa besar atau bangsa Pemenang. Hal sama juga di sampaikan oleh Bapak Pendiri Bangsa, Soekarno pada tahun 1958 ketika bangsa ini baru 13 tahun merdeka bahwa Untuk menjadi bangsa besar Indonesia harus menguasai Nuklir dan Antariksa.

Mengapa Nuklir dan Antariksa ? Karena Nuklir dan Antariksa adalah teknologi termaju pada tahun 50'an dan Soekarno sadar bahwa Bangsa yang baru lahir ini harus di berikan tantangan inovasi teknologi.

Pidato monumental Presiden Kennedy pada saat peluncuran Apollo 11 yang membawa Niel Amstrong ke mendarat di Bulan "Kami memilih untuk pergi ke Bulan dalam dekade ini dan melakukan hal-hal lainnya bukan karena mudah tetapi karena sulit" 

"Bukan karena mudah tapi karena sulit" Dari pidato ini jelas bahwa pergi ke bulan tidak memberikan manfaat ekonomi tetapi memberikan sebuah bangsa tantangan untuk menjadi bangsa besar dan bangsa pemenang.

Dari statement, Presiden Soekarno, Presiden Jokowi dan Presiden Kennedy jelas bahwa kunci menjadi bangsa besar adalah "BERANI MENERIMA TANTANGAN"  --Bila sebuah negara hanya melakukan yang mudah-mudah tanpa tantangan maka bangsa tersebut hanya menjadi bangsa pengikut atau bangsa pencundang.

Bagi Indonesia tantangan yang bermanfaat adalah tantangan inovasi.

Inovasi memiliki beberapa aspek : a) tantangan solusi untuk sebuah kebutuhan b) sesuatu yang baru c) keberanian d) keekonomian e) industrilisasi

Korelasi inovasi dengan pertumbuhan ekonomi

Pada kenyataan nya memang Inovasi memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam sebuah studi di Inggris, Inovasi memberikan kontribusi 63% terhadap pertumbuhan PDB sementara di Amerika Inovasi berkontribusi 50% terhadap PDB. Artinya bertambah tinggi indeks inovasi sebuah negara bertambah tinggi pula PDB per kapita negara tersebut. [1][2]

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline