Lihat ke Halaman Asli

Blueland

Save This Blue Planet

Shojo Complex-Proyek Perdana "Asean Circuit Project" Dari MCP Holdings co, ltd

Diperbarui: 9 Juni 2016   04:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Shojo Complex, group Idol baru di Indonesia (foto: Doc. pribadi Rey Janecekova)

Beberapa tahun belakangan ini content-content Jepang sangat di gandrungi di Indonesia, terutama dikalangan anak muda. Dari mulai Manga, Anime, Cosplay sampai dengan band-band Jepang. Bahkan tidak sedikit terbentuk komunitas-komunitas maupun acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun yang berisi tentang Jepang.

Tidak sedikit group musik Jepang yang menjadi sangat populer di Indonesia seperti L'arch-en Chiel, The Gazette, Baby Metal dan yang sempat menjadi hit adalah AKB 48, Japanese Idol Girl Group yang memiliki ciri khas dengan lagu-lagu bernada ceria, dandanan sweet teenager dan tariannya yang energic tetapi unyu-unyu.

Kehadiran AKB 48 ini merupakan awal dari trend Japanese Idol Girl Group di Indonesia. Konsep musikal group dengan memiliki panggung tetap untuk setiap pertunjukannya dan terbentuk dalam beberapa group ini pada akhirnya membentuk "sister group" yang pertama di luar Jepang, yaitu JKT 48. Dinamakan JKT 48 karena dibentuk di Jakarta dan memiliki pertunjukan tetap di Jakarta.

Menanggapi kehingar bingaran minat masyarakat Indonesia terhadap content Jepang, MCIP Holdings co, ltd. bekerja sama dengan Yoshimoto Creative Agency memulai sebuah proyek peyebaran konten Jepang di Asia yang dinamakan "Asean Circuit Project"

Project perdana dari "Asean Circuit Project" yang dinamakan "Kawaii Idol Project" ini dimulai dengan pertunjukan pertama dari Idol Group baru yang diberi nama "Shojo Complex". Pertunjukan pertama dari Shojo Complex di  AEON Mall BSD City pada tanggal 4 Juni 2016 lalu yang bertepatan dengan ulang tahun pertama AEON Mall BSD City. Dan untuk kedepannya, AEON Mall akan menjadi panggung utama dari "Asean Circuit Project" dalam menyebarkan content Jepang di Indonesia. 

13 Personel lengkap Shojo Complex (foto: Doc. pribadi Rey Janecekova)

Proses dari "Kawaiian Idol Project" ini sendiri sudah dimulai sejak 3 Desember 2015 lalu. Selama 3 bulan, Yoshimoto Creative Project bersama dengan partner company-nya di Indonesia yaitu Yoshimoto Creative Indonesia mengumpulkan para gadis yang suka menari, bernyanyi dan ingin menjadi bintang dari seluruh Indonesia. Mereka menyeleksi 500 peserta yang pada akhirnya terpilihlah 13 orang gadis imut dan berbakat yang menjadi anggota Shojo Complex ini. 

Untuk kedepannya, Shojo Complex juga direncanakan untuk turut meramaikan acara AFA ( Anime Festival Asia ) yang akan digelar oleh SOZO PTE. LTD, yang merupakan acara konten terbesar di Asia Tenggara yang akan di gelar di 3 (tiga) negara yaitu Singapore, Thailand dan Indonesia. Shojo Complex juga direncanakan untuk memiliki acara sendiri di TV Jepang "Kawaiian TV", yaitu stasiun TV Jepang yang meliput acara khusus tentang Idol.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline