Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Kharisma Putri

UIN Raden Mas Said Surakarta

Review Buku Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial

Diperbarui: 12 Oktober 2023   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Judul               : Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial

Penulis            : Muhammad Julijanto, S.Ag., M.Ag.

Penerbit           : Deepublish

Tahun Terbit    : 2015

Jumlah Halaman : 265

BAGIAN 1

Halaman 20-25

HAJI SIMBOL KEHIDUPAN YANG INDAH

Kaum Muslim sedunia pada 10 Dzulhijjah merayakan hari kemenangan dengan melakukan haji dan qurban. Haji merupakan ibadah yang sangat mulia bagi umat Muslim, sekaligus ibadan yang sangat berat pelaksanaannya, maka dari itu ibadah haji menjadi ibadan yang terakhir  dalam rukun Islam. Dalam ibadah haji terdapat pengakuan keesaan Allah, serta kesaksian akan kebenaran Nabi Muhammad SAW.

Ibadah Haji dikumandangkan oleh Nabi Ibrahim as sekitar 3600 tahun lalu, dan kemudian di luruskan kembali oleh Rasulullah SAW. Nabi Ibrahim yang menemukan tauhid, keyakinan akan keesaan Allah SWT. Tuhan yang diperkenalkan oleh Ibrahim as bukan sekedar Tuhan suku, bangsa, atau golongan tertentu manusia, tetapi Tuhan seru sekian alam Allah SWT. Ibrahim as datang mengumandangkan keadilan Allah yang mempersamakan semua manusia di hadapan-Nya. Ibrahim as hadir di pentas kehidupan pada suatu masa persimpangan menyangkut pandangan tentang manusia dan kemanusiaan. Ibrahim hadir ketika diperselisihkan tentang boleh tidaknya manysia dijadikan sesajen kepada Tuhan.

Ibrahin as pernah diperintah oleh Allah untuk mengorbankan putranya, yaitu Ismail as, sebagai pertanda bahwa apapun bila panggilan telah datang wajar untuk dikorbankan karena Allah. Setelah perintah tersebut dilakukan dengan sepenuh hati oleh ayah dan anak, Allah dengan kekuasaan-Nya menghalangi penyembelihan tersebut dan menggantikannnya dengan domba sebagai pertanda bahwa hanya karena kasih sayang-Nya kepada manusia, maka praktik pengorbanan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline