Lihat ke Halaman Asli

Berjarak Menyatu

Diperbarui: 8 September 2022   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Perkenalkan saya Valery Zhevanya Eddy sebagai salah satu mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) angkatan 2022. Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat sebuah rencana karya sebagai berikut; 

Dalam perencanaan karya ini, saya berencana membuat karya berupa lukisan dengan tema besar "Keberagaman". Inspirasi karya lukisan yang akan saya ambil berasal dari 3 karya, antara lain lukisan Bhineka Tunggal Ika yang saya temui di nusabali.com, gambar desain burung garuda yang saya temui di nurainins blog, serta lukisan Indahnya Hidup dalam Keberagaman oleh Agung Ilham Pastowo. 

Tema inti yang ingin saya tonjolkan dalam karya lukisan yang saya rancangkan ini adalah 'Berjarak Menyatu'. Latar belakang dari tema yang saya tentukan ini adalah pandemi menjadi penghalang untuk kita berkumpul dan bercengkrama antara satu dengan yang lainnya. Pandemi Covid-19 ini telah mengubah cara kami sebagai manusia memandang dunia, serta mengubah cara hidup dan kebiasaan hidup kami secara perlahan. Pada masa pandemi, kami lebih sering menggunakan gadget dan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kami. Hal ini membuat kami lebih sering menjalani waktu dalam kesendirian dan tidak dapat bergerak terlalu bebas karena terbatasnya lingkungan sekitar.  

Namun, perlahan kini Indonesia mulai pulih kembali dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. Pendapatan para pengusaha kembali memulih, para pekerja mulai kembali bekerja seperti semula, anak-anak pun kembali berangkat sekolah di pagi hari. Dengan begitu, jarak yang telah tercipta karena pandemi kemarin mulai memudar karena kami dapat berkumpul dan bersatu kembali bersama lingkungan sekitar kami. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline