Riduannor, S.Pd
*) Guru SD Negeri 005 Sungai Kunjang, Samarinda.
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar daring dan proses belajar siswa Kelas VB SD Negeri 005 Sungai Kunjang melalui penggunaan Google Classroom dan Zoom meeting.
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar daring dan proses belajar siswa kelas VB SD Negeri 005 Sungai Kunjang melalui penggunaan Google Classroom dan Zoom meeting Tahun Pelajaran 2020/2021.
Mekanisme penelitian di rencanaka 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas VB SDN 005 Sungai Kunjang dengan jumlah 20 siswa.
Sedangkan guru Kelas VB SD Negeri 005 Sungai Kunjang bertindak sebagai peneliti dan observer. Variabel penelitian ini adalah perilaku pembelajaran guru, perilaku pembelajaran siswa, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan kompetensi belajar siswa. Dan dikumpulkan dengan teknis dan non teknis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar naik dari Siklus I yakni sebesar 55% menjadi 100% setelah siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari Siklus I ke Siklus II dengan masing-masing rata-rata kelas 62,50 (50%) dan menjadi rata-rata kelas 76,75 (100%).
Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran pemanfaatan Google Classroom dan Zoom Meeting dapat meningkatkan hasil belajar Daring Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas VB SD Negeri 005 Sungai Kunjang tahun pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, Google Classroom dan Zoom Meeting.