Lihat ke Halaman Asli

Dipstrategy.co.id

Sharing semua info dan tips terbaru tentang digital marketing, ui/ux, software development. untuk membangun kehadiran bisnis anda di dunia digital. https://dipstrategy.co.id/

Tips Menjalankan Strategi Digital Marketing

Diperbarui: 23 Mei 2022   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam tingginya persaingan usaha saat ini, maka penjualan secara digital merupakan salah satu strategi yang tidak boleh ditinggalkan. Bahkan dapat dibilang, digital marketing merupakan strategi terpenting yang harus dijalankan oleh tim penjualan di setiap perusahaan.

Berbagai macam strategi yang terdapat dalam digital marketing apabila diterapkan dengan baik dan berkesinambungan dipercaya dapat meningkatkan penjualan perusahaan secara signifikan dan dapat membawa perusahaan lebih maju.

Hal ini disebabkan karena penjualan secara digital dapat dilakukan secara lebih efektif dan juga lebih efisien sehingga dapat mencapai konsumen yang potensial secara lebih cepat dan tepat sasaran. Namun untuk menjalankan digital marketing yang baik, perusahaan dan divisi marketing harus memiliki strategi yang tepat agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih baik.

Tips untuk menjalankan strategi digital marketing

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan strategi digital marketing agar lebih efektif dan juga efisien bagi perusahaan.

1. Memiliki tujuan yang ingin dicapai

Langkah pertama ini adalah yang cukup penting dalam menjalankan strategi digital marketing yang akan kita jalankan. Tetapkan tujuan tersebut diawal, seperti ingin meningkatkan peringkat website perusahaan di search engine, mencapai 10.000 kunjungan dalam satu bulan pada website perusahaan, atau peningkatan penjualan sebesar 50% melalui digital marketing

Memiliki tujuan dan goal yang ingin dicapai dalam kampanye yang kita laksanakan dapat menjadi tolah ukur keberhasilan dari kampenye digital yang kita lakukan.

2. Menentukan target konsumen

Setelah mengetahui apa yang ingin kita capai dalam kampanye iklan yang akan dilaksankan, maka tahapan selanjutnya adalah menentukan kepada siapakan iklan dan produk yang kita promosikan akan muncul,

Dalam dunia digital marketing, perusahaan akan sangat terbantu karena dapat mengatur kepada siapa iklan yang kita buat itu muncul, digital marketing dapat mengatur di daerah mana iklan tersebut muncul, gender orang yang melihat iklan, umur dan berbagai hal lainya.

Dengan konsumen yang telah ditarget, perusahaan dapat menjalankan kampanye iklan secara lebih efektif dan efisien.

3. Mengamati Produk Pesaing

Dalam dunia marketing, kita tidak hanya harus memperhatikan produk dan iklan yang kita buat saja, namu kita juga harus melihat bagaimana produk kompetitor yang ada di pasar. Dengan memperhatikan produk pesaing, kita dapat mempelajari banyak hal, seperti produk mana yang lebih disenangi oleh konsumen, bagaimana cara pemasaran mereka. Berbagai hal tersebut dapat kita masukkan dalan strategi pemasaran kita dengan cara ATM yaitu Amati, Tiru, Modifikasi sehingga produk dan kampanye iklan yang kita jalankan akan jauh lebih baik dari kompetitor..

4. Membuat konten yang menarik dan unik

Salah satu cara yang ampuh dalam promosi secara digital adalah kita harus kreatif dalam menciptakan konten yang menarik banyak orang. Semakin banyak orang yang melihat dan menyukai konten yang kita buat akan semakin memungkinkan konten yang kita buat menjadi viral.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline