Lihat ke Halaman Asli

Dipstrategy.co.id

Sharing semua info dan tips terbaru tentang digital marketing, ui/ux, software development. untuk membangun kehadiran bisnis anda di dunia digital. https://dipstrategy.co.id/

Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Anda

Diperbarui: 18 April 2022   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: freepik

Salah satu teknik digital marketing yang saat ini sedang digandrungi adalah dengan cara menggunakan jasa influencer. Hal ini didukung dengan tingginya minat masyarakat terhadap media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dan lainnya.

Memanfaatkan jasa influencer saat ini telah menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk memperkenalkan produk dan juga meningkatkan penjualan, namun penting juga untuk diketahui cara-cara yang tepat untuk memilih influencer untuk memasarkan produk yang akan dipromosikan oleh digital agency jakarta.


Influencer yang ada di berbagai media sosial merupakan orang-orang yang memiliki pengikut yang banyak pada akun media sosial mereka, influencer bisa saja dari kalangan artis, publik figur, bisa juga dari kalangan profesional atau bahkan dari orang biasa.
Konten-konten yang dibuat oleh para influencer inilah yang membuat postingan mereka memiliki views yang banyak. Tingkat views yang tinggi menjadikan postingan yang dibuat influencer menjadi tempat promosi yang ideal.

Tips Memilih Influencer

Namun, agar promosi yang kita lakukan dapat berjalan secara efektif, influencer yang dipilih untuk tempat promosi sebaiknya mengikuti tips-tips berikut ini


1.Kuantitas dan Kualitas Audiens


Hal paling penting dari influencer adalah melihat jumlah pengikut yang dimiliki influencer tersebut. Semakin banyak pengikutnya, maka influencer tersebut tentu akan semakin baik bagi promosi yang dilakukan digital agency. Namun melihat jumlah pengikut saja tidak cukup, kita perlu melihat bagaimana tingkat interaksi pengikut-pengikut influencer tersebut pada konten-konten yang ada di media sosialnya. Hal ini penting untuk memastikan daya tarik dari influencer tersebut dimata pengikutnya. Hal ini dapat diperhatikan dari jumlah like dan komen yang ada pada setiap postingan yang dibuat oleh influencer tersebut. Pastikan jumlah like dan komen juga memadai. Sebagai contoh, apabila seorang influncer memiliki pengikut jutaan, maka jumlah komen yang ada harus juga cukup banyak, yaitu ribuan komen. Hal ini untuk melihat tingkat enggagement pengikut-pengikut influencer tersebut, semakin banyak komen akan semakin baik.


2.Influencer Yang Sesuai Dengan Produk


Influencer-influencer pada umumnya memiliki kategori audiens yang berbeda-beda. Ada influencer yang memiliki konten gaming, fashion, otomotif dan berbagai jenis konten lainnya. Untuk itu digital agency harus dapat memilih influencer yang tepat dan sesuai untuk melakukan promosi pada produk.
Untuk produk yang berhubungan dengan dunia anak muda yang menyukai komputer dan teknologi, maka influencer yang dipilih bisa dari influencer yang memiliki konten gaming maupun konten teknologi. Untuk produk makanan, maka influencer yang dipilih merupakan influencer yang memiliki konten tentang makanan.
Pemilihan influencer yang tepat sangat penting karena audiens yang dimiliki influencer tersebut lah yang menjadi target pasar kita. Untuk itu, produk yang dipromosikan oleh influencer yang tepat dan target market yang tepat akan lebih berpotensi penjualannya meningkat.


3.Konten Yang Otentik dan Menarik


Seorang influencer adalah orang yang membagikan kehidupannya melalui konten-konten yang dibuatnya, baik itu kehidupan pribadinya, ilmu yang dimilikinya, pandangan yang dimilikinya, perjalanan hidupnya dan berbagai hal lainnya.
Konten-konten inilah yang membangun reputasi influencer tersebut pada publik, apakah mereka seorang influencer dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, kehidupan yang menarik, atau bisa juga konfrontasi yang terus menerus diciptakannya.
Untuk itu agar, produk yang kita promosikan dapat menarik orang yang lebih banyak lagi, sangat penting untuk memilih influencer yang dapat menciptakan konten yang menarik dan juga otentik. Karena setiap influencer pasti akan membuat konten dengan caranya masing-masing, untuk itu pilihlah influencer yang unik dan kreatif dalam membuat konten-kontennya. Semakin kreatif dan menarik konten yang dibuatnya, akan membuat produk produk yang dipromosikan menjadi semakin menarik dimata pengikutnya dan orang yang melihat konten-konten yang diciptakannya.


Demikianlah beberapa tips penting untuk memilih influencer yang tepat, agar produk yang dipromosikan oleh digital agency dapat mengalami peningkatan penjualan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline