Lihat ke Halaman Asli

Rafie Rasydan

Mahasiswa UIN Maliki Malang

Algoritma Itu Apa sih?

Diperbarui: 8 September 2024   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kumparan.com

1. APA YANG DIMAKSUD DENGAN ALGORITMA?

         Algoritma adalah suatu langkah-langkah atau sebuah proses yang dirancang secara matang , dan bert6ujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Pada setiap langkah pada algoritma haruslah tersusun secara teratur, jelas, dan memiliki urutan yang tepat sehingga untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. algoritma sering digunakan dalam pemrograman dan ilmu komputer, namun dapat diterapkan dalam berbagai bidang lainnya. 

2. JENIS JENIS ALGORITMA

1. Algoritma Rekursif

Algoritma rekursif adalah jenis algoritma yang akan melakukan perulangan sendiri hingga masalahnya terpecahkan. Selain itu, algoritma akan memanggil dirinya sendiri berulang kali hingga masalahnya terpecahkan.

2. Algoritma Divide and Conquer

Algoritma Divide and Conquer merupakan salah satu jenis algoritma yang membagi suatu masalah menjadi beberapa bagian. Langkah-langkah algoritma membagi dan menaklukkan antara lain membagi masalah menjadi bagian-bagian yang sama dan kemudian mencari  solusi utama setelah diperoleh solusi untuk sub-bagiannya.

3. Algoritma Dynamic Programming

Algoritma pemrograman dinamis (Algoritma dynamic programming) merupakan algoritma yang bekerja dengan cara mencari solusi dari setiap bagian terkecil dari suatu permasalahan, hasilnya  akan disimpan untuk menyelesaikan permasalahan baru di masa yang akan datang.

4. Algoritma Greedy

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline