Lihat ke Halaman Asli

Benny Junito

Pengamat

Pilpres Tidak Lama Lagi

Diperbarui: 3 Juni 2021   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sekiranya jadwal Pemilihan Presiden (pilpres) jadi dimajukan menjadi 21 February 2024 berarti tidak lama lagi atau dua setengah tahun lagi menuju pemilihan umum tersebut. Tahun ini kelihatannya perjodohan koalisi partai politik untuk pilpres masih berupa wacana. Kemungkinan tahun depan perjodohan baru akan mulai berproses.

PDIP sepertinya bisa lansung mengajukan calon Presiden (capres), hanya pilihan favoritnya dari trah Sukarno yaitu Puan Maharani elektabilitasnya dari berbagai survei masih rendah, elektabilitasnya untuk calon Wakil Presiden (cawapres) terlihat tinggi setidaknya menurut satu survei. 

Koalisi dengan Gerindra dalam pilpres merupakan salah satu kemungkinan yang berpotensi. Kader partai Banteng dan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masuk 3 tiga besar diberbagai survey elektibilitas capres bersama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Suara pendukung Presiden Jokowi diprediksi bisa mengalir deras ke Ganjar. Keputusan akhir capres PDIP akan berada sepenuhnya ditangan Ketua Umum Megawati.

Gerindra hampir dipastikan ajukan Ketua Umum Prabowo Subianto, namum beliau masih belum memberikan signal positif sampai sekarang. GOLKAR selalu menjadi mitra favorit untuk berkoalisi baik di pilpres & pemerintah, partai ini juga akhirnya selalu masuk ke pemerintahan siapapun Presidennya. NASDEM rencana akan selenggarakan konvensi ditahun 2022, partai ini sudah bertemu Ketua Umum GOLKAR secara kusus membahas koalisi karena kesuksesan hasil kovensinya bergantung dukungan koalisi yang kuat. 

Simpatisan PKS terkenal sebagai pendukung militan pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden mendatang, namum PKS suaranya kecil dan belum jelas siapa mitra koalisinya sampai sekarang. 

Partai Demokrat ingin berkoalisi dengan partai yang  bersedia ikut majukan Ketua Umum Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) setidaknya jadi cawapres. PKB, PAN & PPP sepertinya lebih banyak menunggu dilamar partai politik besar dan capres. Partai politik sudah mulai bergerak menyambut pilpres yang tidak lama lagi, perjodohan koalisi namum masih berupa wacana di tahun ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline