Lihat ke Halaman Asli

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Usung 3 Strategi Ini untuk Kembangkan Bisnis, Apa Saja?

Diperbarui: 3 Juli 2023   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc. MRAT

BISNISTODAY - Dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di tahun 2023, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) telah menetapkan tujuan untuk memperkuat posisinya. Perseroan ini bertekad menggunakan inovasi, ekspansi, dan optimalisasi sebagai strategi utama.

Rencana dan strategi penting Perseroan untuk menghadapi tahun 2023 diungkapkan oleh Board of Director PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam paparan Public Expose pada Jumat (30/06/2023).
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, menyatakan bahwa Perseroan selalu menerapkan motto GPS yang terdiri dari tiga prinsip utama, yaitu GROWTH, PROFIT, dan SOLID.
Perseroan memiliki mindset pertumbuhan yang kuat, berorientasi pada profit, serta membangun kerja sama tim yang solid. Hal ini membuat Perseroan optimis mampu mencapai kinerja optimal dan meraih kesuksesan jangka panjang.

Untuk menjaga pertumbuhan dan profitabilitas, PT Mustika Ratu Tbk berhasil memperoleh persetujuan izin prinsip divestasi aset entitas anak Perseroan berupa properti yang dibeli atas nama PT Mustika Ratu (M) Sdn. Bhd pada tahun 1996. Rencana divestasi ini memiliki potensi untuk pengembangan bisnis Perseroan.

Meskipun kondisi ekonomi global dan Indonesia menunjukkan perlambatan dan tekanan inflasi yang semakin kuat, PT Mustika Ratu Tbk berhasil mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp285,18 miliar pada tahun 2022, menurut laporan Global Economic Prospect June 2022 (GEP) dari Bank Dunia.
Pertumbuhan penjualan online produk unggulan seperti Brightening Bengkoang Series dan Instabright Glow mencapai 162% dibandingkan tahun 2021.
Produk Face Care dan Beauty Queen juga mengalami pertumbuhan yang positif masing-masing sebesar 43% dan 17%. Pada tahun 2022, fokus utama PT Mustika Ratu Tbk adalah inovasi produk.

Selain inovasi produk, Perseroan terus memperkuat distribusi melalui strategi go-to-market produk dalam kategori Holistic Beauty dan kategori Health & Wellness melalui semua channel outlet yang relevan.
Perseroan berusaha menarik basis konsumen baru melalui kampanye brand yang kreatif dan terarah dengan mengoptimalkan digital channels dan selebriti. Perseroan juga melakukan optimalisasi saluran penjualan termasuk e-commerce, peritel modern (nasional dan lokal), onmi channels, dan general trade.

Selain itu, Perseroan juga memperluas jalur distribusi baik di pasar domestik maupun internasional serta mengembangkan potensi bisnis lainnya.
Kerja sama yang lebih erat dengan grup retail besar dan kemitraan B2B yang lebih agresif menjadi bagian dari strategi ekspansi Perseroan.
Produk Mustika Ratu juga dapat ditemukan dan dinikmati melalui berbagai platform e-commerce dan onmi channels, sehingga memberikan aksesibilitas yang lebih luas kepada pelanggan.
Kerja sama ini memungkinkan pelanggan untuk memilih cara yang paling nyaman dalam berbelanja dan berinteraksi dengan produk Mustika Ratu.

Selain itu, Perseroan menjalin kerja sama erat dengan Marriott International Group, perusahaan perhotelan terbesar di dunia. Kerja sama ini merupakan bagian dari ekspansi produk kecantikan dan perawatan pribadi premium ke bisnis perhotelan. Kerja sama ini diharapkan membawa manfaat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Hal ini juga terlihat dari data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di mana realisasi investasi sektor hotel dan restoran mencapai US$ 550,64 juta pada periode Januari -- Maret 2023, dan pertumbuhan nilai realisasi investasi sektor investasi hotel dan restoran mengalami kenaikan sebesar 9,31% dibandingkan triwulan I-2022.
Perseroan melihat peluang dan potensi yang baik dalam mendukung industri perhotelan dan pariwisata, sejalan dengan target Kemenparekraf untuk tahun 2023, seperti peningkatan devisa menjadi US$ 5,95 miliar, peningkatan pergerakan wisatawan nusantara menjadi 1,4 miliar perjalanan, dan kontribusi PDB Pariwisata mencapai 4,1%.

Dengan strategi yang kuat, fokus pada inovasi, ekspansi, dan optimalisasi, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) siap menghadapi tahun 2023 dengan keyakinan untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline