Lihat ke Halaman Asli

Uwaz 1453

Gemar membaca dan lagi belajar menulis tentang Bisnis Digital

BDS #21: Langkah yang Tak Terlihat dalam Bisnis Digital

Diperbarui: 5 November 2020   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

BisnisDigital101 present

Bisnis digital Series Artikel ke-21

"Langkah yang tak Terlihat dalam Bisnis Digital"

Di artikel kali ini saya ingin membagi tip mengenai sebuah langkah yang jarang sekali dilakukan oleh para pelau digital marketing.

Langkah yang tidak terlihat ketika kita berbisnis, khususnya bisnis digital.

Pasti sudah pada tahu bahwa langkah inti di bisnis digital itu seperti ini :
1. Dapatkan traffic atau pengunjung
2. Dapatkan leads atau kontaknya
3. Follow-up atau building relationship
4. Beri penawaran

Konsepnya kebanyakan seperti itu. Mungkin ada variasi-variasi yang lain. Tapi intinya tetap sama. Hanya saja ada langkah yang terlewati. Langkah apa coba?

Saya berani bertaruh pasti tidak ketebak. Dengan langkah ini, kita bisa memenangkan persaingan bahkan sebelum pergi bertempur. Banyak para pelaku digital marketing yang bahkan belum tahu langkah ini.

Mereka merasa sudah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon konsumennya. Kemudian melakukan promosi besar-besaran. Tentu saja itu bisa menghasilkan, tapi itu bukan benar-benar bisnis yang bisa diukur. 

Kalau kita bisa mengukur sebuah bisnis, kita bisa merencanakan untuk memperbesar skala bisnis kita. Kita tahu bagaimana langkah yang tepat untuk memperbesar skala bisnis kita.

Nah, langkah yang terlewati adalah BAGAIMANA MENENTUKAN dan MENGENAL AUDIENCE.

Kalau kita mengenal apa yang menjadi kesulitan calon konsumen, kita bisa berkomunikasi dengan baik. Kalau kita berkomunikasi dengan baik, terjadilah relationship yang baik juga. Akhirnya kita memiliki konsumen yang loyal yang bisa menjaga bisnis kita tetap besar.

Cara inilah yang digunakan oleh perusahaan bernilai miliaran dolar seperti Facebook, Google, Dropbox, dan Instagram. Disini kita membangun bisnis yang bisa diukur, bisa diperbesar skalanya, menguntungkan, stabil, dan tahan lama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline