Lihat ke Halaman Asli

Dibuat Massal Mobil Tanpa Kemudi

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Slamet pagi kawan

Teknologi otomotif yang akhir-akhir ini terus berkembang dengan pesatnya dan saat ini telah hadir mobil tanpa kemudi dengan istilah SELF DRIVING dan mobil inpun telah dibuat secara massal di negara pembuatnya yaitu Perancis.

Perkembangan teknologi ini apakah itu di otomotif maupun  ditelepon selular begitu maju pesat, mungkin saja dikemudian hari orang sudah tidak menggunakan handset telepon tapi menggunakan chip yang disimpan di kepala manusia dan dia bisa berkomunikasi tanpa menggunakan handset telepon. Saya teringat tahun 1988 pada sat itu saya berceloteh bersama rekan bahwa suatu saat orang akan telepon sambil berjalan jalan tanpa kabel, ternyata dugaan itu benar semua, dimana saat ini semua orang menggunakan telepon tanpa kabel alias wireless.

Kembali ke judul diatas bahwa suatu saat nanti mobil sudah tidak menggunakan kemudi itu sangat mungkin, karena saat ini sudah diproduksi massal mobil tanpa kemudi, yang dimulai dari Perancis. Seperti apa kinerja mobil tersebut?

Mobil ini dijual massal dengan harga sekitar Rp. 3 Miliar  dan mobil ini dinamai Navia Shuttle dan dikeluarkan dari pabrikan di Perancis. Mobil ini memiliki kecepatan tertinggi 20 km/jam dengan dibekali sejumlah sensor dan teknologi 3D untuk menghindari benturan dan objek lainnya yang berada di sekitar jalan.
Para pengguna dapat menggunakan smartphone atau komputer desktop untuk memanggil mobil ini dan menggunakan layar sentuh yang berada di dalam mobil untuk memilih tujuan.
Mobil yang dapat menampung delapan orang penumpang ini diperuntukkan sebagai transportasi umum di bandara, kampus dan lain sebagainya.

Walau mobil ini baru untuk daerah tertentu belum untuk jalanan umum tapi sudah menuju teknologi awal untuk melangkah jauh kedepan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline