Lihat ke Halaman Asli

Tren Spirit Doll atau Boneka Arwah, Meningkat Atau Tenggelam?

Diperbarui: 29 April 2022   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi boneka arwah Furi Harun - @bonekafuriharun 

Pada awal tahun 2022, dunia hiburan Indonesia dihebohkan dengan beberapa artis yang mengoleksi spirit doll atau tren disebut boneka arwah. Sebut saja Ivan Gunawan, Lucinta Luna, Roy Kiyoshi, Kriss Hatta, dan Furi Harun memamerkan boneka arwah mereka melalui akun sosial media mereka. Perilaku yang membuat publik tercengang adalah perlakuan mereka kepada boneka-boneka tersebut layaknya memperlakukan anak manusia.

Saya membaca beberapa artikel tentang boneka arwah, ada yang menyebutkan tren mengoleksi boneka arwah tersebut dimulai dari Thailand yang lebih dulu memainkan boneka arwah sekitar tahun 2016. Seperti yang pernah dimuat di Kompas yang mengutip The Culture Trip, di Thailand spirit doll di sebut Luk Thep atau malaikat anak-anak. Boneka berbentuk anak bayi ini dipercaya menjadi tempat bagi arwah pembawa keberuntungan dan kemakmuran.

Sejak itu, para selebriti di Thailand ramai mengoleksi Luk Thep. Dalam berbagai kegiatan si-empunya, Luk Thep selalu dilibatkan. Dan yang membuat saya cukup mengernyutkan dahi, Luk Thep dipesankan tiket dan bangku sendiri ketika naik pesawat terbang. (butuh waktu beberapa menit untuk mengumpulkan kesadaran saya dan masuk ke paragraf berikutnya).

Di Indonesia sendiri sebenarnya boneka arwah, atau boneka-boneka yang bisa dirasuki arwah sudah ada sejak dulu, dalam tampilan dan fungsi yang berbeda. Jadi, saya tidak terlalu heran ketika spirit doll ini menjadi tren di kalangan selebritis tanah air. Hanya saja, sekali lagi yang membuat saya tidak habis pikir adalah perlakuan terhadap si bonekanya.

Furi Harun - 

@bonekafuriharun

Produser sekaligus spiritualitas Furi Harun menjelaskan, ia mengoleksi boneka arwah hanya sekedar hobi saja. "Jadi boneka spirit dolls yang aku punya itu itu bukan untuk pesugihan loh. Boneka ini hanya untuk bersenang senang saja dan hobi kok. Dan banyak yang sudah memiliki koleksi dari aku. Tidak ada tujuan lain seperti mengumpamakan demi mencari kekayaan dengan jalan pintas. No way! " terangnya.

Saya mencoba membayangkan anak kecil yang bermain boneka agar lebih mudah mencerna. Furi Harun sendiri mengoleksi 384 buah boneka arwah. Dari ratusan boneka tersebut tidak sedikit boneka tanpa arwah.

"Boneka arwah milikku dan kolektor yang dapat dari aku, isinya bukan arwah jahat loh! aku tegaskan nih. Prinsipnya, Spirit doll hanya sebuah media hiburan saja sebenarnya. Bahkan gak semua pemilik spirit doll bisa berkomunikasi dengan arwah yang bersemayam boneka tersebut, " terang Furi. Jika ingin melihat koleksi spirit doll Furi silahkan berkunjung ke akun IG furi @bonekafuriharun.

Furi juga menjelaskan arwah yang bersemayam dibonekanya bisa pergi kapan saja, "Para arwah dalam boneka itu bisa pulang ke dunianya suatu saat tanpa kita minta. Karena hakikatnya alam mereka memang sudah beda dengan kita sebagai manusia,".

Nah, pertanyaannya apakah tren boneka arwah akan terus meningkat atau justru hilang begitu saja? kita lihat beberapa waktukedepan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline