Lihat ke Halaman Asli

BJ Qolbi

Hidup itu adalah pilihan! Maka pilihlah jalan terbaik yang bisa kita hadapi dengan sikap terbaik

Menjaga Toleransi untuk Negeri yang Lebih Baik

Diperbarui: 24 Desember 2018   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.hipwee.com

Imam Malik pernah diminta oleh penguasa pada waktu itu untuk menulis sebuah buku sebagai panduan untuk warga negaranya. Imam malik-pun setuju setelah banyak pertimbangan, dan memutuskan untuk memberi judul karyanya "Al-Muwatta". 

Sang pemimpin negara-pun kemudian memberi tau kepada Imam Malik, untuk menjadikan Al-Muwatta sebagai sumber referensi utama dalam menemukan hukum setelah Quran. 

Mendengar hal ini Imam Malik berkata:

"Wahai Pemimpin yang Setia, benar-benar perbedaan pendapat di antara para ulama adalah berkah dari Allah kepada umat ini. Masing-masing mengikuti apa yang benar dan benar menurutnya. Mereka semua dibimbing dengan benar, dan mereka hanya mencari (keridhaan) Allah. "

Begitulah kerendahan hati Imam malik dalam menangani perbedaan pendapat tentang masalah agama. Bayangkan jika seluruh umat dibuat untuk mematuhi satu mode tunggal dalam menjalankan kepercayaannya dalam beragama; apa hasilnya nanti?

Saya kadang-kadang menemukan orang-orang yang berbeda agama berdebat satu sama lain tentang perbedaan antara tindakan mereka: "Mengapa Anda berdoa dengan tangan seperti itu?", "Anda mencuci diri dengan cara yang salah,"  Ini khususnya berlaku di komunitas orang-orang beragama multikultural yang umum di negara-negara Barat. 

Meskipun banyak yang tumbuh dengan kebiasaan apa pun yang diikuti oleh orang tua mereka, mereka mungkin gagal untuk menyadari bahwa Muslim lain mungkin bertindak berbeda dari yang mereka lakukan. Oleh karena itu, akan bermanfaat untuk memahami mengapa umat Islam mungkin memiliki beberapa perbedaan sehubungan dengan praktik keagamaan.

Di sisi lain, setiap manusia memiliki berbagai sudut pandang mengenai masalah agama adalah bagian dari sifat manusia. Orang-orang telah berselisih satu sama lain sejak zaman Nabi dan akan terus melakukannya hingga Hari Pengadilan. 

Apa yang bisa kita lakukan adalah bersikap terbuka dan toleran terhadap perbedaan pendapat - selama kita tetap berada dalam batas-batas Islam.

 Allah menyebutkan dalam Surat Hud ayat 118-119:

Yang artinya: "Dan jika Tuhanmu menghendaki, Dia dapat menjadikan umat manusia satu komunitas; tetapi mereka tidak akan berhenti berbeda. Kecuali siapa yang Tuhanmu berikan rahmat, dan untuk itu Dia menciptakan mereka. "

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline